Robot Seks, Seperti Ini Dampak Positif dan Negatifnya

Nanda Indri Hadiyanti | 2 Agustus 2017 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Robot sudah banyak diciptakan untuk membantu kegiatan manusia sehari - hari. Baru - baru ini kemajuan teknologi menawarkan robot yang dibuat khusus untuk berhubungan intim

Saat ini sudah banyak boneka seks yang dibuat untuk “kesenangan pribadi”. Tapi sayangnya, boneka tidak cukup memuaskan karena tidak bisa memberikan reaksi pada pasangan saat berhubungan intim.

Itu sebabnya, tercetus ide membuat robot khusus untuk kebutuhan seks. Pada dasarnya, robot seks adalah boneka seks yang dibuat bisa bergerak dan diciptakan agar bisa berinteraksi. 

Profesor Noel Sharkey, pendiri yayasan Responsible Robotics, seperti dikutip dari Thesun.co.uk mengatakan, robot seks bisa menjadi salah satu solusi untuk mereka yang menginginkan hubungan intim threesome tanpa rasa bersalah. 

Robot seks ini nantinya juga akan diciptakan sangat realistis mendekati manusia dengan fitur pemanas yang dapat menciptakan kehangatan tubuh. Robot robot tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan sensor yang akan membuatnya bereaksi dengan sentuhan Anda. 

Lalu apa kata ahli tentang sisi negatif robot seks?

Terdapat kekhawatiran tentang masa depan industri mesin khusus seks ini. Seksolog Levy Scheglov takut kemajuan teknologi ini justru menimbulkan bahaya serius bagi manusia.

“Seks dengan robot hanya memberi rasa tipuan dan itu bisa menyebabkan gangguan psikis dan rasa terisolasi,” ujarnya. 

Sesaat rasa butuh akan seks bisa terobati, tapi itu hanya pemalsuan kepuasan. Pada akhirnya rasa haus akan seks yang sesungguhnya bisa berakibat fatal pada hidup seseorang.

Lev menambahkan jika adanya robot seks ini akan membawa konsekuensi yang sangat besar. Kemajuan teknologi telah mengubah manusia menjadi terlalu cinta pada perangkat teknologi dan juga sosial medianya. 

"kemajuan berikutnya bisa jadi membuat manusi ingin memiliki hubungan intim dengan robot seks bahkan ingin menikahi robot tersebut,” ujar Lev.

Apakah keberadan robot seks nantinya akan membawa dampak positif?

Beberapa ilmuwan percaya bukan tidak mungkin di masa depan akan dibuka rumah bordil berisikan robot seks.

Menurut mereka ini adalah salah satu sisi positif dari adanya robot seks. Pasalnya dengan penggunaan robot seks dapat menjadi cara efisien untuk memerangi penyebaran infeksi penyakit menular dan mengurangi angka perdagangan orang. 

Lagipula kemungkinan dibukanya rumah bordil robot seks sangat besar. Pasalnya, saat ini saja sudah ada rumah bordil yang menjual jasa dari boneka seks (non robot) di Barcelona. Di rumah bordil itu, pelanggan bisa merasakan hubungan intim dengan bonek super silicon pilhan mereka sendiri. 

Hingga saat ini diperkirakan untuk menciptakan robot seks yang dibuat persis seperti wanita sungguhan bisa menghabiskan puluhan ribu poundsterling atau mencapai ratusan juta rupiah. 

Meski angkanya selangit, namun industri robot seks diperkirakan akan terus mengalami kemajuan dan akan semakin banyak peminatnya. 

 

(nanda / wida)

Penulis : Nanda Indri Hadiyanti
Editor : Nanda Indri Hadiyanti