Mantan Presiden SBY Mengidap Kanker Prostat, Akan Dirawat di Amerika Serikat

Supriyanto | 2 November 2021 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap kanker prostat stadium awal. Rencananya, SBY akan dirawat oleh tim dokter luar negeri, Amerika Serikat setelah berkoordinasi dengan dokter kepresidenan.

Kabar tersebut dibagikan oleh staf pribadi SBY, Ossy Dermawan melalui siaran pers yang disebarkan ke wartawan pada Selasa (2/11).

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri," ungkap Ossy Dermawan.

Informasi soal kanker prostat yang diderita SBY berdasarkan hasil pemeriksaan. Baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan, dan pemeriksaan yang lain.

Melihat kondisi kesehatan SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan masih membuka semua opsi untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan.

Menurut Ossy, setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di Amerika Serikat karena memiliki fasilitas memadai.

"Yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," terang Ossy.

SBY juga sudah memberi tahu pengobatan itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua tim dokter luar negeri telah komunikasi langsung dengan SBY via telemedisin. Ossy mengatakan tim dokter ya g akan menangani optimis untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita SBY.

"Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," beber Ossy. Dermawan.

"Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," pungkas Ossy Dernawan.

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto