Kali Pertama, Spanyol Akan Mengirimkan Seorang Transgender ke Miss Universe 2018

Andira Putri | 6 Juli 2018 | 15:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejarah tercipta di Spanyol. Untuk kali pertama, seorang kontestan transgender menjuarai ajang Miss Universe Spanyol 2018 pada Jumat (29/6) lalu di Taragona. Pemenang kompetisi ini otomatis akan mewakili Spanyol di ajang Miss Universe sedunia.

Kontestan transgender tersebut bernama Angela Ponce. Model berusia 27 tahun ini mampu mengalahkan 22 kontestan lain yang berlaga di ajang ini.

Kemenangannya sebagai Miss Universe Spanyol 2018 membuat Angela Ponce bangga. Apalagi Angela Ponce memang sengaja ikut kontes kecantikan untuk perempuan ketimbang khusus transgender.

"Tentu saja, saya menghargai keberadaan kontes (transgender) tersebut. Tetapi, saya Angela, saya seorang manusia, saya adalah perempuan dan saya merupakan perempuan transeksual jika melihat rentang keragaman untuk menentukan sosok perempuan. Saya ingin menjadi diri saya sendiri lalu orang-orang menghargai saya," tutur Angela Ponce kepada El Pais seperti dilansir situs The Local Es pada Rabu (4/7).

Angela Ponce juga berharap kemenangannya bisa menginspirasi kaum LGBTQ+. "Mari membuat sejarah #Pride2018 #MissUniverseSpain," tulis Angela Ponce sambil meretweet informasi kemenangannya via Twitter.

Angela Ponce siap melangkah ke ajang Miss Universe 2018 yang digelar di Filipina bulan Desember mendatang. Jika menang, Angela Ponce akan mencetak sejarah kedua. Angela Ponce bisa menjadi transgender pertama yang memenangkan Miss Universe dalam sejarah.

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor : Andira Putri