Once Mekel Mau Bawakan Lagu Dewa 19 yang Paling Malas Dia Nyanyikan dengan Satu Syarat

Indra Kurniawan | 6 Februari 2022 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - "Separuh Nafas" salah satu lagu paling hit Dewa 19 dari album Bintang Lima yang dirilis tahun 2000. Menariknya, lagu karya Andra Ramadhan yang liriknya ditulis Ahmad Dhani itu merupakan lagu yang paling malas dinyanyikan oleh Once Mekel. 

"Dari awal gue enggak terlalu selera. Cuma kenyataannya itu lagu yang paling laku," ungkap Once tertawa lebar dikutip dari kanal YouTube Augie Fantinus.

Solis bergelar Sarjana Hukum tak memungkiri dibanding lagu Dewa 19 lainnya, "Separuh Nafas" paling mudah dinyanyikan. Tak seperti lagu Dewa 19 lainnya yang membutuhkan teknik tinggi untuk menyanyikannya, "Separuh Nafas" menurut Once sangat sederhana. 

"Lagu Dewa yang lain, kan chord-nya banyak. Waktu itu kita bikin pas chord terakhir, ya lagu 'Separuh Nafas' itu," kata pelantun "Dealova". 

Once tidak anti membawakan lagu tersebut. Hanya saja jika ada klien yang menginginkannya menyanyikan "Separuh Nafas" baik di acara on air atau on air, Once Mekel tidak keberatan. Syaratnya, sambil berseloroh dia berkata, "Enggak apa-apa lagu itu tapi bayarannya harus mahal."

Ahmad Dhani sendiri saat mengisi vlog di kanal YouTube Gofar Hilman Maret tahun lalu menyatakan keheranannya mengapa "Separuh Nafas" bisa begitu hit. Pentolan dari Dewa 19 mengungkapkan proses pembuatan "Separuh Nafas" yang suara drum-nya terinspirasi dari lagu "Come Undone" milik Duran Duran.

"Jadi, dari tema itu Andra yang buat, ide drum kayak gitu juga Andra. Andra pesan sama saya, 'Drumnya kayak gini lho, kayak (lagu) Come Undone'. Sebenarnya bukan kayak Come Undone, Come Undone kayak (grup band) Milli Vanilli, itu klasik bangetlah," jelas Dhani. 

"Dan lagunya aransemennya sederhana banget, istilahnya enggak butuh ilmu untuk aransemen lagu kayak gitu. Tapi, itu jadi lagu yang paling laris," lanjutnya. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan