Akhirnya Microsoft Resmi Menghentikan Windows Phone

TEMPO | 12 Juli 2017 | 17:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Microsoft akhirnya mengumumkannya secara resmi bahwa raksasa perangkat lunak tersebut telah menghentikan dukungan untuk Windows Phone 8.1, efektif Selasa 11 Juli 2017.

Hal ini tidak berarti bahwa ponsel Windows Phone akan berhenti bekerja, namun ini berarti bahwa terkait pembaruan perangkat lunak dan bantuan teknis, pengguna Windows Phone tidak lagi mendapat dukungan mulai 11 Juli 2017.

Sistem operasi mobile ini tidak pernah benar-benar meraih posisi bagus, dan selalu mengalami kesulitan meraih beberapa poin persentase pangsa pasar sementara iOS dan Android mengambil alih. Pengumuman ini muncul tiga tahun setelah Windows Phone 8.1 diperkenalkan.

Pada bulan lalu, Windows Phone 8.1 merupakan hampir 75 persen dari semua perangkat Windows Phone, menurut AdDuplex. Jika ditambahkan versi 7 dan 8.0, angka-angka ini naik mendekati 80 persen, yang berarti Windows Mobile 10 terbaru mewakili 20 persen dari ponsel bertenaga Windows.

Bagi mereka yang cukup memantau, pengumuman ini bukanlah sebuah kejutan. Microsoft telah mengakhir operasi ponselnya sendiri dua tahun lalu, yang diakuisisi dari dari Nokia, dan menghabiskan US$ 7,6 miliar (Rp 101,6 triliun) dalam prosesnya. Alasan Microsoft membeli bisnis handset Nokia adalah bahwa Nokia membawa Windows Phone dalam perangkatnya.

Microsoft tidak menyerah sepenuhnya pada smartphone, meskipun Kantar memperkirakan pada bulan Januari bahwa pangsa pasar smartphone Microsoft telah jatuh di bawah 1 persen di AS. Windows Mobile 10 masih hidup, tapi tidak dalam kondisi baik.

Microsoft masih menjual perangkat Lumia yang menjalankan Windows 10 Mobile, tapi tampaknya jelas saat ini bahwa lebih bermanfaat untuk memfokuskan upaya pada perangkat komputasi utama seperti Surface Laptop. Lumia 950 diperkenalkan pada tahun 2015, dan perusahaan telah menyatakan tidak akan mengeluarkan versi barunya.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor : TEMPO