4 Bulan Pasca Amputasi Suti Karno Akhirnya Bisa Berdiri Lagi, Respons Bunda Corla Jadi Sorotan

Indra Kurniawan | 2 Februari 2023 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Usai salah satu kakinya diamputasi akibat luka di kakinya semakin melebar, Suti Karno mulai latihan berjalan dengan bantuan kaki palsu. Suti mengaku bersyukur setelah empat bulan ia akhirnya bisa kembali berdiri dengan dua kakinya.

Keputusan besar dibuat Suti Karno. Pada Oktober 2022 lalu, Suti memutuskan untuk melakukan amputasi akibat diabetes yang sudah lama diidapnya semakin melebar di salah satu kakinya. Keputusan tersebut diambil sendiri oleh Suti Karno dengan mempertimbangkan banyak hal.

Empat bulan berlalu, Suti Karno akhirnya bisa kembali berdiri dengan dua kakinya. Suti berdiri dengan bantuan kaki palsu. Momen pertama kali Suti memakai kaki palsu dibagikan melalui unggahan di Instagram, pada Kamis (2/2) pagi.

Suti Karno membagikan empat buah foto. Pada potret pertama, terlihat seorang pria yang diketahui berasal dari Kurnia Putra Ortosa Protesa - sebuah jasa pembuatan bidang ortotik prostetik - memasangkan kaki palsu untuk Suti Karno.

Foto berikutnya terlihat adik Rano Karno itu belajar berjalan menggunakan kaki palsunya tersebut. Hingga pada slide terakhir terlihat foto Suti Karno secara candid duduk di kursi roda dengan sudah memakai kaki palsunya.

Menyertai unggahan foto-foto tersebut, Suti Karno menuliskan sebuah pesan menyentuh. Ia mengucap syukur bisa berdiri lagi dengan bantuan kaki palsunya setelah empat bulan amputasi.

"Alhamdulillah setelah 4 bulan, aku bisa kembali berdiri dengan kedua kaki," tulis Suti Karno.

Suti Karno juga mengucap terima kasih serta mengucap basmalah setelah memakai kaki palsu. Ia menyadari jika perjalanannya ke depan masih sangat panjang bersama kaki palsu.

"Perjuangan ini masih panjang, penyesuaian, kebersamaan kami masih harus terlatih," ungkapnya.

Usaha Suti Karno mendapat dukungan dari warganet. Mereka memberikan doa dan semangat untuk Suti Karno. Tidak terkecuali Bunda Corla yang saat ini sudah berapa di Jerman kembali untuk bekerja. 

Bunda Corla turut berdoa untuk kesembuhan Suti Karno (instagram/kakipalsu_skoliosis_orto_kp)

"Cepat sembuh ya sayang," ucap Corla yang ucapannya telah mengumpulkan 71 tanda suka. "Makasih ya Bunda sayang. Jaga kesehatan juga di sana. Maaf enggak bisa nemuin waktu Bunda di Jakarta," balas Suti.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan