Mengapa (Harus) Beri Bekal Jajanan Sekolah Buatan Sendiri untuk Anak?

Wida Kriswanti | 11 Januari 2014 | 09:23 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TIDAK dipungkiri, jajanan di sekolah jauh lebih menggugah selera anak-anak ketimbang bekal makan siang yang dibawa dari rumah.

Oleh karena itu, mengapa tidak kita membuat sendiri jajanan sekolah anak yang sama lezatnya. Membuat sendiri jajajan sekolah berarti sebuah kebaikan bagi anak dan bagi Anda para orangtua. Apa saja keuntungannya?

1. Menghemat uang
Dengan membekali anak makanan yang benar-benar mereka sukai (karena mirip dengan jajanan mereka di sekolah), maka mereka akan menghemat pengeluaran di sekolahnya. Ambil kesempatan ini juga untuk mengajarkan mereka menabung. Atau mungkin Anda yang justru ingin memangkas uang jajan mereka? Hehehe.

2. Variasi
Jajanan di sekolah anak mungkin akan itu-itu saja. Ada kalanya membuat anak tidak berselera untuk makan. Dengan membuat sendiri, Anda bisa mengatur menu harian, membuatnya berbeda setiap hari, tentu ini akan disukai anak.

3. Pilihan yang lebih sehat
Makanan yang dibeli di luar rumah dibuat tanpa adanya pengawasan kita para orangtua. Entah bagaimana proses memasak yang dilakukan dan dari mana asal bahan-bahan masakan yang digunakan, kita tidak pernah tahu pasti. Membuat sendiri di rumah, maka kebersihan dan kesehatannya bisa lebih terjamin.

4. Mendekatkan hubungan Anda dan anak
Membuatkan sendiri makanan untuk anak tentu jauh lebih intim ketimbang menyerahkan sejumlah uang dan membiarkan anak mencari sendiri kebutuhan mereka di luar. Dengan membuatkan makanan di rumah pun bisa memancing obrolan antara Anda dan anak. Coba tanyakan kepada anak apa yang dia inginkan untuk bekalnya besok. Mengajaknya untuk membuat bekal bersama juga seru, lho! 

(wida/adm)

Penulis : Wida Kriswanti
Editor : Wida Kriswanti