Hati-hati, Teh Hijau Dapat Mengurangi Khasiat Obat Darah Tinggi

Khairiyah Sartika | 17 Januari 2014 | 16:27 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TEH hijau memang dikenal sebagai salah satu minuman herbal menyehatkan. Namun bersama khasiat yang dimiliki, teh hijau ternyata tak bersahabat ketika berhadapan dengan medikasi dan obat-obatan para penderita darah tinggi.

Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Fukushima Medical University di Jepang, teh jenis herbal ini dapat menghambat kinerja obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, khususnya nadolol.

Studi ini melibatkan 10 peserta yang mengonsumsi 30 miligram nadolol setelah menyantap teh hijau tiga kali sehari selama 14 hari. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi teh hijau memiliki jumlah konsentrasi nadolol dalam darah sebesar 76 persen lebih sedikit dan dalam urin sebesar 80 persen lebih rendah, demikian dilaporkan Medical Daily, Kamis (16/1).

Penjelasan ini didasari penemuan catechins, sejenis antioksidan yang menghalangi? pengangkutan sel yang biasa digunakan untuk membantu menangkut obat-obatan melalui dinding dan sel pada sisi yang berbeda. Hasil keseluruhan penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Clinical Pharmacology & Therapeutics.

"Individu yang mengonsumsi nadolol dan juga mengonsumsi teh hijau seharusnya sadar akan potensi interkasi seperti ini dan mendiskusikannya dengan para ahli," jelas Dr. Gregg Fonarow, profesor kardiologi dari University of California, Los Angeles.

Karena itu, jika Anda penderita darah tinggi yang sedang berada dalam medikasi khusus, ada baiknya menghindari teh hijau sementara dan mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter atau ahli medis yang terpercaya.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor : Khairiyah Sartika