Ayahnya Jadi Tersangka Kasus Century, Nadia Mulya: "Aku Enggak Malu karena Tahu Bapak Tidak Bersalah"

Yohanes Adi Pamungkas | 27 Januari 2014 | 10:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BUDI Mulya, bekas Pejabat di Bank Indonesia, ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus Century. Putrinya, Nadia Mulya hanya bisa bertemu ayahnya dua kali dalam seminggu. 

Menurut Nadia, ayahnya sudah menyandang status tersangka setahun sebelum dijebloskan ke dalam penjara. Budi Mulya masuk penjara pada bulan November tahun lalu. Selama setahun itu Nadia dan keluarga mempersiapkan diri. “Kami keluarga menyiapkan mental, fisik, dan batin selama satu  tahun dan ini proses yang harus kami jalani,” ujarnya. Ayahnya masuk bui, tentu membuat Nadia sedih. Namun ia berusaha ikhlas. 

Kurang lebih dua  bulan, ayah  Nadia meringkuk dalam tanahan KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Setiap hari Senin dan Kamis Nadya rutin menjenguk ayahnya. Saat menjenguk ke tahanan, Nadia biasanya mengajak suami dan ibunya. Sesekali ia membawa beberapa bungkus kopi hitam dan kacang almond. 

“Ayah penyuka kopi hitam. Aku suka kopi juga karena beliau,” papar Nadia yang sering diskusi dengan bapaknya di dalam tahanan. Meski sang ayah mendekam di penjara karena dianggap terlibat kasus korupsi, Nadia tak merasa malu. “Yang kasih dukungan ke keluarga kami sangat banyak.  Aku enggak malu karena aku yakin bapak enggak bersalah,” tegas Nadia yang mendapat banyak dukungan dari teman-temannya. 

Ayah Nadia juga dekat dengan kedua anak Nadia,   Nadine Andjanimulya dan Nuala Andharamulya. Dulu, keduanya kerap menghabiskan waktu bersama kakek mereka di Apertemen sang kakek. “Anak-anak suka dijemput dari sekolah ke apartemen bapak lalu dimasakin puding sama ibu. Mereka berempat saja tanpa pembantu,” tegasnya.

Kedua anak Nadia tentu kerap menanyakan perihal sang kakek. Sebagai ibu, Nadia berusaha jujur dan tidak berbohong kepada kedua putrinya. Ia memang tidak memberitahu  soal kasus yang dialami kakek mereka karena  mereka belum mengerti. “Kalau Nadine sudah pelan-pelan mengerti dan berharap kakeknya bisa segera bebas. Kalau Nuala, aku bilang kalau kakeknya sedang camping di daerah Kuningan karena ada urusan dengan orang lain,” kilahnya. 

Ia meminta Nadine dan Nuala berdoa supaya masalah keluarga ini bisa cepat rampung. “Aku bilang pada mereka, 'Kakek kamu orang baik. Kebih baik kita berdoa saja semoga urusan kakek cepat selesai,'” bilangnya.

Nadia dan suaminya, Dustin Mirjaya sebenarnya berniat menambah momongan. Tapi niat itu harus ditunda lantaran harus memikirkan kondisi bapaknya. “Kalau hamil aku enggak mau kehamilan terganggu karena memikirkan ayah.  Aku tunggu sampai masalah bapak selesai.  Kalau sudah selesai barulah kejar setoran nambah anak,” canda Nadia.

(han/adm)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor : Yohanes Adi Pamungkas