American Hustle: Bukti Kedua, Kebesaran Sineas David O. Russell

Wayan Diananto | 27 Januari 2014 | 14:36 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - COBA perhatikan, sejak dihelat pada 1929, sangat jarang Academy Awards memberi semua nominasi kategori akting (yakni Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik-red.) untuk sebuah film. Itu hanya terjadi pada Oscar 1982 lewat Reds (Warren Beatty, 1981).

Waktu itu, Reds meloloskan Maureen Stapleton (Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, menang), Warren Beatty (Pemeran Utama Pria Terbaik, nomine), Diane Keaton (Pemeran Utama Wanita Terbaik, nomine), dan Jack Nicholson (Pemeran Pendukung Pria Terbaik, nomine). Setelah 31 tahun, fenomena langka itu terulang tahun lalu. Silver Linings Playbook (David O. Russell, 2012) mengirim Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Robert De Niro, dan Jacki Weaver sebagai nomine Oscar. 

Satu piala Oscar buat Jennifer. Tahun ini, David membuat kita tercengang lagi. Lewat American Hustle (AH), ia menempatkan Amy Adams, Christian Bale, Bradley Cooper, dan Jennifer Lawrence sebagai nomine di empat kategori akting. AH juga dinominasikan untuk enam kategori lain termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. AH film paling dinominasikan tahun ini!

David memulai kisah dengan pertemuan Irving Rosenfeld (Christian Bale), Sydney Prosser (Amy adams), dan agen FBI Richie DiMaso (Bradley Cooper) di sebuah hotel pada 28 April 1978. Mereka berniat menyuap Mayor Carmine (Jeremy Renner) dengan koper berisi segepok uang. Menyadari dirinya hendak dikriminalkan, si Mayor meninggalkan hotel. Irving mengejarnya. Meyakinkan pertemuan ini bukan jebakan.

Richie berupaya mengungkap selubung suap, mafia, dan korupsi di New Jersey. Irving-Sydney, dua penipu ulung yang dikondisikan untuk membantu FBI. Mengurai simpul suap tidak semudah yang dibayangkan. Petinggi FBI, Stoddard Thorsen menolak memfasilitasi Richie buat menjalankan operasi ini. Sementara istri Irving, Rosalyn (Jennifer Lawrence) malah terseret dalam kasus Mayor.

Konfigurasi pemain AH adalah the dream team. Banyak yang nyinyir dengan penampilan Amy yang cenderung mengumbar belahan payudara. Mode dekade generasi bunga menuntutnya demikian. Adegan pertama AH pembuktian totalitas Christian. Jika di The Fighter ia menguruskan bobot demi membangun citra junkie, di AH sebaliknya, ia menaikkan berat badan untuk menciptakan efek buncit ala oom-oom. Bradley memberi kesan ambisius yang konsisten. 

Sementara saya, eh, Jennifer mencuri perhatian penonton. Dengan sewajarnya mempresentasikan kegemaran pakai kuteks, depresif, pencandu rokok, labil, suka mengungkit, sok fashionable, sembrono di rumah. Penampilan Jeremy pun tidak mengecewakan. AH simbol kesempurnaan pemilihan pemain. Tak heran SAG Awards 2014 menganugerahinya Best Ensemble Cast of The Year. 

AH bukti kebesaran David sebagai sutradara. Ia menggosok para pemain hingga memendarkan aura keaktoran. Amy dan saya, eh, Jennifer maksudnya, memenangkan Golden Globes 2014. Akankah, Oscar melirik dua aktris yang berani berciuman di kamar mandi ini?

Quote To Remember: "Seni bertahan hidup adalah kisah manusia yang tidak akan pernah berakhir," (Irving Rosenfeld, 1978)

Pemain: Christian Bale, Amy Adams, Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, Jeremy Renner
Produser: Megan Ellison, Jonathan Gordon, Charles Roven, Richard Suckle
Sutradara: David O. Russell
Penulis: Eric Warren Singer, David O. Russell
Produksi: Atlas Entertainment, Annapurna Pictures
Durasi: 129 menit

Foto: Dok. Atlas Entertainment

(wyn/ade)

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto