Cerita Sule Membangun Radio Maya "Prikitiw"

Administrator | 8 November 2013 | 13:58 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - EMPAT minggu terakhir, Sule punya "mainan" baru, radio daring prikitiw.listen2myradio.com.

Bersama Andre Taulany (39) dan anaknya sendiri, Rizky Febrian (15), Sule (36) membentuk trio vokal 3 Djanggo.

Mereka merampungkan video klip "Smile You Don't Cry" pekan lalu. Setelah menuntaskan syuting video klip, Sule curhat soal tagihan listrik bulan lalu yang melonjak hingga Rp 13 juta. Ada apa dengan rumah bintang sinetron Awas Ada Sule?

Sepulang syuting Opera Van Java, suara pelawak kelahiran 15 November itu mengudara mulai jam 22. Melalui radio maya, Sule mengajak Suleker (penggemar Sule-red) mengobrol, melempar tema, lalu dibahas bersama pendengar.

Ia menyiar bersama Rizky dan sahabatnya, Andri yang lebih dikenal dengan Mak Icih. Intinya, bersilaturahim dengan Suleker dan Prikitiw Mania.

"Ingin tahu sejauh mana fans menerima cuap-cuap saya. Saya membuka line telepon. Ternyata, yang menelepon dari Saudi Arabia, Hong Kong, Taiwan, Malaysia, Singapura, Australia, dan Amerika. Mereka menamakan diri Suleker USA, Suleker Singapura, dan lain-lain. Saya kurang paham bahasa asing. Kalau bahasa Melayu saya mengerti. Orang Malaysia menyatakan suka dengan gaya melawak saya. Mereka mengapresiasi lagu-lagu saya!" serunya, antusias.

Saking luasnya daya jangkau radio, beberapa produsen dan perusahaan rekaman menghubungi Sule. Mereka menyatakan minat beriklan produk dan menitipkan single baru agar bisa diputar di Radio Prikitiw. Sule menolak. Alasannya, ini bukan radio komersial. Ini proyek iseng-iseng. Sule menemukan kanal radio daring ini pun tidak sengaja. Dua bulan lalu, ia berselancar di internet.

"Saya tertarik dengan situs yang menyajikan jaringan radio. Saya minta tolong kepada Mak Icih agar mengunduh link-nya, kemudian diaplikasikan dengan mixer dan dua komputer. Setelah melewati proses trial and error, akhirnya kami memperoleh siaran dengan kualitas jernih," begitu Sule mengingat.

Ia bahkan lupa kapan Radio Prikitiw resmi berdiri. Yang jelas, kali pertama mengudara dengan suara putus-putus empat minggu lalu. Ada kebahagiaan tersendiri saat Sule mengoceh di udara. Ia bisa menerima respons langsung dari audiens. Kalau lawakan lucu, mereka jujur bilang itu lucu. Kalau tidak lucu, mereka memprotes lewat telepon bahwa lawakan Sule malam itu garing.

Pendengar bahkan menelepon dari seberang laut sekadar untuk bertanya apa suara yang mereka dengar itu benar Sule. "Saya siaran dari jam 22 sampai 24. Setelah jam 24, Mak Icih dan teman-teman mengambil alih sampai pukul 2 dini hari. Rizky kebagian jadwal cuap-cuap setelah salat isya. Saya memintanya siaran untuk melatih kemampuan berbicara di depan audiens," jelas Sule.

(wyn/adm)

Penulis : Administrator
Editor : Administrator