Jenny Rachman Ajak Mahasiswa Nobar Film Teguh Karya, "November 1828"

Administrator | 19 November 2013 | 09:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - MASIH dalam semangat Hari Pahlawan, aktris senior Jenny Rachman mencoba mengajak generasi muda untuk membangkitkan lagi semangat nasionalisme serta patriotisme.

Bukan dengan orasi di atas podium, melainkan lewat sebuah karya film.

Senin (18/11) siang, Jenny bersama ratusan mahasiswa Universitas Nasional, Jakarta, menggelar acara nonton bareng film "November 1828", yang digarap oleh sineas legendaris Indonesia, Teguh Karya.

"Mereka (mahasiswa) minta saya bantu untuk meminjam (copy) film yang kira-kira tepat untuk tema acara ini. Saya rasa film ini cocok," ungkap Jenny kepada wartawan usai acara.

"November 1828" bercerita tentang perjuangan bangsa Indonesia di masa Pangeran Diponegoro. Dalam film diungkapkan bahwa musuh masyarakat pada saat itu bukan hanya Belanda, melainkan juga orang Indonesia yang memilih jalan hidup sebagai pengkhianat.

"Ada pesan di film ini, kalau kita harus selalu mawas diri, dan mementingkan kepentingan orang banyak ketimbang diri sendiri. Lalu juga ada sindiran dan kritik sosial yang disampaikan Teguh Karya. Pas banget sama kondisi sekarag, saat korupsi dimana-mana," papar Jenny.

(ari/gur)

Penulis : Administrator
Editor : Administrator