Manipulasi Voting Produce 101, CJ ENM Dinyatakan Bersalah dan Dihukum Denda 

Ari Kurniawan | 23 Juli 2020 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Induk perusahaan Mnet, CJ ENM, dikenakan denda oleh Korea Communications Standards Commission (KSCS) terkait kasus manipulasi voting survival show Mnet Produce 101.  

Rabu (22/7/) waktu setempat, Korea Communications Standards Commission mengumumkan keputusan hukuman yang diberikan kepada CJ ENM terkait seri survival show Produce 101. Hasil kesepakatan lewat voting, CJ ENM dihukum denda. Ini adalah hukuman paling tinggi yang bisa diberikan oleh KSCS.

"Kasus ini akan tetap jadi bercak noda di sejarah penyiaran Korea Selatan. Acara tersebut telah menipu dan membodohi publik yang terlibat (dalam proses voting). Mereka mengabaikan kerja keras dari kontestan. Ini sudah terjadi sejak 2016 dan jumlahnya semakin bertambah di setiap musim," terang KSCS.

Mereka juga menyebutkan kejadian serupa dilakukan oleh program CJ ENM yang lain, yaitu Idol School. Staf dari acara tersebut juga telah diberi hukuman.

KCSC menegaskan kasus manipulasi voting ini bukanlah hanya kesalahan dari PD (producing director) dari acara tersebut. Seperti yang diketahui nama-nama seperti Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum adalah sosok yang disalahkan terkait kasus tersebut. KCSC menyebut bahwa CJ ENM sebagai pemilik perusahaan penyiaran juga seharusnya punya kontrol atas apa yang terjadi dalam acara mereka.

"Tanggung jawab ada di tangan perusahaan penyiaran yang gagal memegang kontrol atas apa yang terjadi di dalam perusahaan. Mereka harus secara terbuka melihat ke dalam, kenapa staf bisa melakukan hal tersebut, kenapa ada member yang menggunakan cara lain, dan apakah ada budaya dalam perusahaan yang memaksa orang untuk diam meski terjadi hal seperti itu," lanjut KCSC.

Korea Communications Standards Commission menyoroti bagaimana para petinggi CJ ENM juga menyalahkan para PD untuk masalah manipulasi voting Produce 101 ini. Padahal masalah ini sebenarnya berakar dari budaya perusahaan yang tidak sehat sehingga akan mungkin terjadi lagi bila masalah tersebut tidak diselesaikan.

Di pernyataan berbeda, CJ ENM bilang kalau mereka akan bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Mereka juga mengungkapkan permohona maaf. "Kami benar-benar minta maaf. Tidak ada alasan yang harus diberikan dan kami bertanggung jawab untuk ini," kata mereka.

Perwakilan dari CJ ENM juga meminta pengertian masyarakat atas keputusan mereka untuk tidak terlalu banyak membuka detail soal manipulasi voting Produce 101. Hal ini dilakukan demi melindungi orang-orang lain yang terlibat di dalam acara tersebut, dalam hal ini adalah para kontestan.

Sementara itu pada Mei 2020, Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum serta enam perwakilan dari manajemen artis yang mengirim trainee mereka ke Produce 101 telah digugat atas manipulasi voting Produce 101. Sidang gugatan terhadap mereka masih berlanjut hingga kini siap memasuki sidang kedua.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait