10 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Anda

aura.co.id | 30 Agustus 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mengubah kulit sawo matang atau hitam menjadi putih adalah sesuatu hal yang sulit dilakukan.

Solusinya adalah mencerahkannya. Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa mencerahkan kulit Anda.

1. Jeruk Lemon
- Jeruk lemon mengandung banyak vitamin C dan dikenal sebagai salah satu bahan yang paling berkhasiat dalam mencerahkan kulit wajah.
- Oleskan wajah dengan perasan jeruk lemon, jangan sampai terkena mata. Diamkan selama sekitar 10-15 menit, berguna memudarkan warna flek dan mengusir sel-sel kulit mati.

2. Teh Hijau
- Teh hijau kaya akan flavanoid, vitamin, dan mineral yang mampu mengurangi serta mencegah terjadinya keriput, juga mengurangi flek hitam yang ada di wajah.
- Rendam kantong teh hijau di dalam air mendidih selama 3-5 menit, lalu peras ke atas kapas dan oleskan pada wajah, lakukan 2 kali sehari.

3. Alpukat
- Alpukat  mengandung vitamin A, K, C, zat besi, dan antioksidan yang bisa mencerahkan dan melawan tanda-tanda penuaan pada kulit.

- Hancurkan buah alpukat dan gunakan sebagai masker selama 10 menit. Cuci wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Lebih baik digunakan untuk Anda yang berkulit kering

4. Kiwi
- Buah Kiwi kaya akan mineral, vitamin C, E, asam lemak Omega-3, dan antioksidan. Karena kandungan tersebut, buah kiwi bermanfaat untuk mencerahkan, melawan tanda-tanda penuaan dini dan bisa membantu mengencangkan kulit serta pori-pori.

- Haluskan setengah buah kiwi , lalu campurkan dengan satu butir kuning telur dan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk sampai membentuk masker yang cukup kental. Balurkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu cuci dengan air bersih.

5. Kentang
- Kentang mengandung enzim katekolase yang bisa membantu mencerahkan kulit.
-  Kupas kentang lalu iris tipis-tipis, lalu tempelkan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih wajah.

6. Timun
- Timun kaya  antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain berfungsi mencerahkan kulit wajah, timun juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam.
- Simpan timun di dalam kulkas, kemudian parut dan saring airnya. Tempelkan jus parutan timun pada wajah dan leher serta ketiak yang menghitam. Setelah 20 menit cuci bersih bagian yang Anda berikan jus parutan timun

7. Tomat
- Tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai pencerah kulit alami.
- Untuk mencerahkan wajah, parut tomat dan gunakan sebagai masker. Biarkan mengering selama 20 menit lalu cuci dengan air dingin. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.
- Untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam, potong tomat menjadi dua lalu tempelkan dengan gerakan melingkar pada ketiak sekitar 15 menit lalu cuci bersih.

8. Beras
- Dikombinasikan dengan susu, beras bisa menjadi ramuan pencerah wajah yang alami.
- Tumbuk beras hingga berbentuk bubuk halus kemudian campurkan dengan susu cair secukupnya hingga kental. Tempelkan ke wajah seperti menggunakan masker. Diamkan 15-20 menit lalu cuci dengan air dingin.

9. Paprika
- Paprika memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk.  Paprika dapat mencerahkan, mencegah keriput dan menjauhkan dari kanker kulit.  
- Blender paprika sampai halus, gunakan sebagai masker, diamkan 15-20 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih

10.Stroberi
- Stroberi  memilki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat menyegarkan serta mencerahkan kulit
- Hancurkan lima sampai enam stroberi dan tambahkan dua sendok makan madu ke dalam campuran. Tambahkan sedikit air hangat. Pijat kulit Anda dengan campuran ini selama 10 menit dalam gerakan melingkar lalu bilas dengan air dingin. Jika dilakukan tiga kali seminggu, hasil scrub ini dapat memberikan kulit Anda tampak muda dan bersinar.

(sarah)

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait