Lakukan Ini Agar Terhindar dari Bahaya Akibat Terlalu Lama Duduk saat Bekerja

Rizki Adis Abeba | 15 Januari 2019 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Orang dewasa yang duduk dalam waktu lama–setidaknya satu jam tanpa melakukan peregangan—mempunyai risiko lebih tinggi mengalami kematian dini ketimbang mereka yang duduk namun diselingi kegiatan lain seperti berdiri dan berjalan lebih sering. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Keith Diaz, Ph.D., asisten profesor kedokteran Universitas Columbia, yang dimuat dalam Jurnal Epidemiologi Amerika.

Dalam penelitian tersebut dikemukakan pula satu dari empat orang dewasa mengaku biasa menghabiskan waktu lebih dari delapan jam sehari untuk duduk, umumnya karena tuntutan pekerjaan. Meski demikian, Keith Diaz mengajak agar Anda jangan malas bergerak, setidaknya lakukan gerakan ringan setiap tiga puluh menit sekali.

Penelitian menyebutkan bahwa jika Anda melakukan kegiatan fisik ringan seperti berjalan atau peregangan otot selama satu-dua menit setelah duduk selama 30 menit dapat menurunkan risiko kematian dini sebanyak 17 persen dan bisa mencapai 35 persen jika Anda melakukan kegiatan fisik dengan intensitas lebih tinggi seperti berolahraga.

“Jika Anda punya pekerjaan dan gaya hidup yang melibatkan kegiatan duduk dalam waktu lama, Anda bisa menurunkan risiko gangguan kesehatan dengan lebih sering bergerak dan berpindah posisi selama yang Anda bisa lakukan, misalnya dengan berjalan-jalan ringan di sekitar ruangan saja,” Keith Diaz menyarankan.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait