Mudik Lebaran, Pastikan Cukup Konsumsi Air Putih saat Menyetir

TEMPO | 2 Juni 2019 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak keluarga yang lebih memilih naik kendaraan pribadi saat mudik Lebaran. Entah menggunakan sepeda motor ataupun mobil, para pengendara rupanya diingatkan untuk selalu memperhatikan cukup mengonsumsi air putihnya.

Sebab, pakar kesehatan di Amerika Serikat dalam studinya menemukan bahwa pengemudi yang mengalami kekurangan asupan air, cenderung bertindak seperti pengemudi mabuk, terburu-buru, dan tidak fokus. Situs Boldsky pun menghubungkan tubuh seseorang yang mengalami dehidrasi parah dengan alarm waspada dalam tubuh yang mengalami penurunan.

Ketika tidak waspada, kebanyakan orang kemudian cenderung untuk membuat kesalahan fatal. Dari salah belok, hilang kesabaran, sampai membunyikan klakson di jalan yang jelas macet sehingga membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman bahkan emosi. Lebih dari itu, human error yang terjadi karena dehidrasi juga menjadi penyebab utama banyaknya kecelakaan yang terjadi di seluruh penjuru dunia.

Nah, selain menyediakan setidaknya satu botol air putih selama berkendara, Anda juga disarankan untuk menghindari minuman mengandung kafein tinggi, seperti kopi. Sebab, kandungan kafein dalam kopi justru membuat tubuh menjadi cepat dehidrasi.

Menurut Mayo Clinic, kandungan kafein dalam kopi memiliki sifat diuretic sehingga meningkatkan kebutuhan tubuh untuk buang air kecil. Hal tersebut yang membuat kafein menyebabkan dehidrasi parah karena hilangnya cairan saat terlalu banyak mengeluarkan cairan melalui air seni.

Di sisi lain, studi Armstrong menemukan informasi tak kalah menarik tentang bahaya kafein bagi pengendara. Studi itu menyatakan kafein yang dikonsumsi orang yang tidak terlalu banyak gerak, seperti sedang berkendara akan berdampak sangat dramatis sama seperti atlet yang mengeluarkan cairan saat berolahraga.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait