Mengenal 5 Jenis Kulit dan Ciri-cirinya

aura.co.id | 5 September 2020 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SETIAP orang tentu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perawatan dan membeli produk perawatan untuk kulit Anda, penting ketahui dulu jenisnya.

Berikut ada cara untuk mengetahui jenis kulit yang Anda miliki, dengan melakukan hal ini.

Saat Anda bangun tidur di pagi hari, ambillah satu lembar kertas tisu wajah dan usapkan ke wajah Anda.

Perhatikan ciri berikut untuk mengetahui jenis kulit Anda seperti dilansir laman Allwomenstalk:

1. Kulit normal

Bila kulit Anda termasuk jenis normal, bekas minyak tidak akan terlihat di kertas tisu Anda. Selain itu, kulit normal biasanya memiliki tekstur elastis, kenyal, dan jarang memiliki masalah kulit. Jenis kulit ini juga merupakan jenis kulit yang bersih dan halus.

2. Kulit kering

Bila kulit Anda kering, kertas tisu tidak akan berminyak, tetapi wajah Anda akan terasa bersisik dan kering. Kulit kering cenderung memiliki warna yang pucat, keriput, dan sangat rentan terhadap penuaan. Untuk perawatannya, Anda cukup menggunakan masker alami dan pelembab wajah secara rutin.

3. Kulit berminyak

Bila Anda memiliki kulit berminyak, kertas tisu akan terlihat banyak bintik-bintik minyak di beberapa area, terutama daerah pipi, hidung, dan dahi. Kulit berminyak ini cenderung memiliki tekstur tebal, kasar, mengkilap, dan mudah berjerawat. Namun kulit berminyak tidak rentan terhadap penuaan dan kerutan. Untuk perawatannya, hindari krim dan segala produk yang memakai banyak oil, agar kulit Anda tidak tambah berminyak.

4. Kulit Kombinasi

Bila Anda memiliki kulit kombinasi, biasanya akan terlihat berminyak pada beberapa area wajah, seperti hidung dan dahi, Namun tidak pada bagian pipi. Kulit kombinasi ini merupakan perpaduan jenis kulit kering dan berminyak. Untuk perawatannya, memerlukan penanganan yang berbeda, seperti daerah sekitar pipi dan mata yang kering, pakailah produk yang mengandung pelembab. Sedangkan untuk area yang berminyak pada dahi dan hidung, lakukanlah pembersihan secara rutin dan hindari produk yang banyak mengandung oil.

5. Kulit sensitif

Nah, jenis kulit sensitif biasanya sangat kering dan cenderung sering meradang serta iritasi. Kulit sensitif juga mudah kemerahan dan bersisik. Selan itu, jenis kulit ini sering kali terasa gatal dan rentan terhadap berbagai produk. Jenis kulit sensitif juga memerlukan perawatan khusus dan tidak bisa sembarangan memakai produk. Oleh karenanya, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit sebelum memakai produk tertentu.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait