Yang Perlu Diperhatikan dari Warna Haid Anda

aura.co.id | 3 Oktober 2020 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Haid tidak hanya menjadi siklus bulanan tubuh, namun juga bisa mengindikasikan kesehatan tubuh Anda. Langkah pertama yang bisa dilakukan menurut spesialis kandungan dan kebidanan, Sara Twogood adalah dengan mencari tahu siklus haid yang normal menurut tubuh Anda dan seperti apa ciri-cirinya.

Anda juga bisa memperhatikan seberapa banyak pembalut yang Anda butuhkan dan seberapa lama siklus haid serta seberapa sering Anda mengalami siklus tersebut. Untuk membantu Anda, simaklah beberapa analisis berikut:

Jika darah haid berwarna merah terang

Artinya, siklus haid Anda baru saja dimulai dan akan semakin banyak darah dalam beberapa hari ke depannya. Anda disarankan untuk membawa lebih banyak pembalut ketika bepergian.

Darah haid berwarna merah kecokelatan

Merah kecokelatan berarti Anda memasuki tahap akhir siklus haid. Anda bisa menggunakan pembalut yang lebih ringan atau tipis.

Apabila aliran darah menjadi sedikit

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal bisa jadi salah satu penyebabnya. Anda tidak perlu khawatir jika penggunaan alat kontrasepsi ini yang menjadi penyebabnya, kecuali jika mengalami sakit kepala tanpa sebab atau perubahan mood, Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Namun, jika Anda sedang tidak menggunakan alat kontrasepsi hormonal dan darah menstruasi tiba-tiba menjadi sedikit, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendeteksi gangguan kesehatan lain seperti ketidakseimbangan tiroid. Menurut Sara, aliran darah yang berkurang merupakan hal yang biasa pada mereka yang mengalami gangguan makan dan akan kembali seperti normal setelah gangguan tersebut diobati.

Sebaliknya, aliran darah menjadi banyak

Penggunaan alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan aliran darah haid menjadi banyak. Selain itu, polip atau fibroid, pertumbuhan sel yang tidak normal namun jinak pada lapisan rahim, bisa jadi penyebab lain. Umumnya polip akan sembuh dengan sendirinya, sedangkan fibroid membutuhkan penanganan medis. Ketika berkonsultasi ke dokter, jangan lupa untuk menjelaskan gejala tersebut supaya dilakukan pemeriksaan untuk anemia.

Muncul gumpalan darah

Anda tidak perlu khawatir selama gumpalan darah berukuran kecil. Namun, jika gumpalan darah cukup besar dan diikuti rasa kram, segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui apakah Anda terserang polip atau fibroid. Penyebab lainnya adalah sindrom ovarium polikistik.

Timbul rasa kram yang berlebihan

Rasa kram berlebihan mungkin disebabkan oleh endometriosis (akibat jaringan yang seharusnya berada di dalam rahim, tumbuh di luar rahim) yang diikuti dengan aliran darah yang besar, rasa mual, dan sembelit seperti dilansir laman Woman's Day. Tidak perlu khawatir, endometriosis bisa disembuhkan, namun jangan lupa berkonsultasi ke dokter.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait