Bu, Lakukan Pencegahan Sedari Dini Agar Anak Tidak Jadi Korban Body-Shaming

Yuriantin | 18 Desember 2018 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kebiasaan menjalin komunikasi intim dengan anak bisa dimulai sejak dini. Cara ini bisa membantu anak terhindar dari perasaan terpuruk ketika dirundung fisiknya.

Lewat komunikasi, orang tua bisa menanamkan berbagai nilai kepada anak. Salah satunya, tentang kualitas diri manusia yang tidak hanya sebatas fisik. 

"Sejak dini, beri pujian yang tidak hanya sebatas fisik pula. Misalnya anak berhasil makan sendiri dengan sendok. Orang tua bisa bilang, 'Wah, sekarang kakak sudah bisa makan sendiri. Besok makan pakai sendok lagi,  ya,'" terang Psikolog anak dan remaja, Saskhya Aulia Prima.

Orang tua juga dianjurkan menanamkan nilai keberagaman pada anak, bahwa setiap orang punya ciri fisik yang berbeda-beda.

Terakhir, orang tua perlu menjelaskan pada anak untuk menyaring berbagai komentar yang muncul di media sosial.

"Karena semua orang bisa berpendapat dan kita tidak tahu kapan munculnya komentar negatif. Orang tua juga bisa sekaligus menanamkan empati pada anak bahwa cara mengomentari orang lain juga harus diperhatikan. Karena penerimaan setiap orang berbeda-beda. Jangan sampai menyakiti hati orang lain," pungkasnya.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait