Nola B3 Ungkap Dua Manfaat Mengajari Anak Berbagi Sejak Dini

Wayan Diananto | 5 Maret 2019 | 16:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari pernikahannya dengan Baldy Mulya Putra, Riafinola Ifani Sari alias Nola B3 dikaruniai 3 anak: Adyla Rafa Naura Ayu, Adyano Rafi Bevan Putra, dan Anodya Shula Neona Ayu. Nola B3 mengatakan, membesarkan 3 anak dengan karakter berbeda bukan hal mudah. Selain menjajaki minat dan bakat anak, Nola B3 mengajarkan 2 hal mendasar sejak dini, yakni empati dan kerelaan hati untuk berbagi kepada orang lain.

"Pendidikan dasar untuk anak di rumah adalah tanggung jawab ayah dan ibu. Orang tua harus jadi contoh. Salah satunya dengan berbagi. Berbagi memungkinkan anak menjadi lebih percaya diri dan mudah diterima lingkungan. Saya memberi tahu mereka saat berbagi, kalian akan menerima lebih banyak,” beri tahu Nola B3 yang menjadi salah satu juri Grand Final Cussons Bintang Cilik musim ke-7 di Gandaria City Jakarta, awal pekan ini.

Mengajarkan berbagi itu susah, apalagi 3 anak Nola B3 sudah berani menyampaikan pendapat sendiri. Namun Nola B3 tak kurang akal. "Saya memulai dari hal kecil yakni menumbuhkan empati atau merasakan masalah orang lain. Dengan menyanyi misalnya, ia bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang sedang sedih. Membuat orang lain tersenyum itu ibadah. Kuncinya memang keteladanan dari orang tua," Nola B3 menyambung.

Menguatkan pendapat Nola B3, Psikolog Pendidikan dan Anak, Elisabeth Santosa, menyebut berbagi adalah keterampilan hidup yang penting dimiliki. Kemampuan berbagi harus dipelajari bayi, balita, dan anak-anak agar mereka dapat belajar berinteraksi dengan baik, berteman, dan bermain bersama teman sebaya.

"Anak-anak yang terbiasa berbagi tumbuh menjadi pribadi yang kooperatif di lingkungan sekitar. Agar dapat memiliki kemampuan berbagi, anak-anak harus merasakan koneksi kuat, merasa dicintai dan diterima dengan hangat oleh orang tua maupun keluarga," jelasnya.

Karenanya, berbagi cinta menjadi tema Cussons Bintang Cilik musim ke-7. Tema ini sesuai dengan visi misi PZ Cussons Indonesia yakni mendampingi dan berkomitmen memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia.

"Momen berbagi dimulai dari keluarga, yaitu cinta orang tua kepada anak. Keluarga adalah tonggak penting bagi anak-anak untuk belajar berbagi. Semuanya dimulai dari rumah, dari keteladanan orang tua," imbuh Corporate Communication Director PZ Cussons Indonesia, Elly Mustrianita.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait