Begini Cara Mengelola Stres di Tempat Kerja

Agestia Jatilarasati | 11 Maret 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam menapaki karier, lumrah jika menemui tantangan dan halangan. Namun kadang kala, hal itu bisa menimbulkan stres kerja hingga berakibat pada depresi. Mengapa ini bisa terjadi?

Psikolog Vera Sintyadewi, M.Si., CGA menjelaskan, tekanan kerja yang intens bisa menjadi penyebab stres. “Seperti kita ketahui, stres di tempat kerja bisa disebabkan beberapa faktor seperti tekanan dari atasan, lingkungan kerja, bahkan dari tugas-tugas yang dibebani kepada seseorang. Dan jika tekanan ini terus berlanjut secara intens sehingga stres yang dirasakan semakin intens pula, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan seseorang menjadi depresi,” terang Vera saat ditemui di acara "Fun Talkshow bersama Sido Muncul Sari Kunyit" di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Vera membagikan empat tip untuk mengelola stres di tempat kerja. “Pertama, pengalihan. Jadi ketika kita sudah mulai merasa tak kuat dengan tekanan maka kita harus menemukan ‘pengalihan’ seperti melakukan hal-hal yang lebih kita sukai. Kedua, belajar untuk menyukai apa yang kita kerjakan. Kalau kita menyukai pekerjaan kita maka risiko untuk mengalami stres di tempat kerja akan berkurang. Ketiga, menerapkan gaya hidup seimbang antara pekerjaan, kehidupan pribadi dan hal yang kita sukai. Melakukan hobi misalnya, itu bisa menjadi media stress release yang baik. Keempat, berpikiran positif,” papar Vera.

Masalahnya, stres tidak hanya berdampak pada kesehatan mental melainkan juga pada kesehatan fisik. “Seperti kita ketahui bahwa stres di lingkungan kerja biasanya membawa seseorang ke dalam gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari kurang tidur, merokok, banyak makan atau sebaliknya, tak nafsu makan. Jadi, stres ini tak hanya menyerang mental kita saja seperti depresi melainkan juga fisik seperti penyakit lambung,” ungkap Vera.

(ges/bin)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait