Kiat Menghindari Ngantuk saat Mengemudi Jarak Jauh pada Arus Balik Lebaran

TEMPO | 8 Juni 2019 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Puncak arus balik mudik Lebaran 2019 diperkirakan terjadi pada 8 dan 9 Juni 2019. Ratusan ribu mobil diperkirakan memadati jalan tol Trans Jawa menuju Jakarta. Nah, mengemudi ratusan kilometer sering menimbulkan rasa kantuk yang cukup berat bagi sebagian pengemudi.

Para pengendara dituntut untuk tetap konsenterasi saat berkendara meski rasa kantuk sering kali dirasakan di jalan. Apalagi saat kondisi berpuasa, karena menahan lapar dan haus, otomatis badan kurang bertenaga dan mengakibatkan ngantuk.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan pengendara baik mobil ataupun motor sebaiknya berhenti di tempat yang aman, untuk setidaknya beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Artinya jangan memaksakan diri untuk terus melaju dalam keadaan ngantuk apa lagi ditambah rasa lapar dan haus. Segera cari tempat beristirahat. Atau sekedar menggerakan badan agar aliran darah lebih lancara.

"Jangan ragu untuk segera mencari tempat berhenti yang aman dan lakukan streching ringan untuk melancarkan aliran darah," ujarnya saat dihubungi Tempo beberapa waktu lalu.

Sony mengatakan, sebaiknya pastikan terlebih dulu kondisi badan sebelum memulai perjalanan, serta rencanakan di titik mana kira-kira untuk dijadikan area istirahat untuk berjaga-jaga jika rasa kantuk datang saat berkendara.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait