Usai Tampar Chris Rock, Will Smith Mundur dari Oscar

Supriyanto | 2 April 2022 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah menampar wajah Chris Rock di atas panggung Oscar 2022, Will Smith memutuskan mundur dari keanggotaanya di Academy of Motion Picture Arts and Sciences selaku penyelenggara Oscar.

Pernyataan mundur dari The Academy diumumkan Will Smith pada akhir pekan ini. Pemain film Independent Day itu mengaku sudah memikirkan secara matang serta akan menerima segala konsekuensinya.

"Saya juga akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan The Academy," kata Will Smith dalam keterangan resmi yang dikutip dari media Amerika, Sabtu (2/4).

Diungkap Will Smith, ada banyak perubahan setelah insiden tampar Chris Rock itu berlangsung. Will pun berjanji akan menjadi manusia yang lebih baik lagi.

"Saya berjanji untuk melakukan pekerjaan dan tidak pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih alasan atas aksi saya," tegas Will Smith.

Will Smith rela meninggalkan organisasi bagi aktor, sutradara, dan produser di industri perfilman dunia. Dengan surat pengunduran dirinya, Will Smith tidak akan lagi memberikan suara kepada berbagai karya filmnya di ajang Oscar pada tahun-tahun mendatang.

"Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang. dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang terkasih saya, semua yang hadir, dan pemirsa global di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Akademi," tulis pernyataan Will Smith.

"Saya menghilangkan nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan atas karya film mereka yang luar biasa. Saya patah hati. Saya ingin fokus kembali pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian yang luar biasa dan agar The Academy fokus pada kreativitas di dunia film," tutup Will Smith.

Beberapa hari sebelumnya, pihak The Academy sempat mengumumkan telah memulai proses pendisiplinan terhadap Will Smith.

Presiden The Academy, David Rubin, menyebutkan bahwa organisasi menerima pengunduran diri sang aktor sesegera mungkin.

"Kami akan melanjutkan proses disipliner kami terhadap Will Smith atas pelanggaran standar perilaku Academy, sebelum pertemuan dengan dewan terjadwal berikutnya pada 18 April," terang David Rubin.

Tindakan disiplin oleh The Academy termasuk penangguhan atau pengusiran. Nantinya, juga bakal ada sanksi lainnya yang diatur di dalam The Academy.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait