Aktris Senior Jane Fonda Umumkan Didiagnosis Kanker di Usia 84 Tahun

Redaksi | 3 September 2022 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktris senior Jane Fonda mengumumkan didiagnosis kanker, lewat akun Instagramnya, 6 jam lalu. Jane Fonda, kelahiran 21 Desember 1937, dikenal sebagai aktris, aktivis, dan mantan model fesyen Amerika, juga ikon film Hollywood yang pernah menerima berbagai penghargaan termasuk dua Academy Awards, menyatakan didiagnosis dengan Limfoma non-Hodgkin dan telah menjalani perawatan kemo. "Ini adalah kanker yang sangat bisa diobati. 80% orang selamat, jadi saya merasa sangat beruntung," tulis Jane Fonda di Instagram.

Limfoma non-Hodgkin kanker yang berasal dari kelenjar dan saluran limfe, organ yang berfungsi sebagai bagian dari kekebalan tubuh. Kanker ini sering berkembang di kelenjar getah bening.

"Saya juga beruntung karena memiliki asuransi kesehatan dan akses ke dokter dan perawatan terbaik. Saya menyadari, dan itu menyakitkan, bahwa saya memiliki hak istimewa dalam hal ini. Hampir setiap keluarga di Amerika harus berurusan dengan kanker pada satu waktu dan terlalu banyak yang tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan berkualitas seperti yang saya terima dan ini tidak benar," lanjutnya.

"Kita juga perlu berbicara lebih banyak tidak hanya tentang penyembuhan tapi juga tentang penyebab sehingga kita dapat menghilangkannya. Misalnya, orang perlu tahu bahwa bahan bakar fosil menyebabkan kanker. Begitu juga dengan pestisida, yang banyak di antaranya berbasis bahan bakar fosil," tulis Jane Fonda lagi.

"Saya melakukan kemo selama 6 bulan dan saya menjalani perawatan dengan cukup baik dan, percayalah, saya tidak akan membiarkan semua ini mengganggu aktivitas saya," lanjutnya.

Jane Fonda juga menyebut, Cancer adalah seorang guru dan dia memperhatikan pelajaran yang diberikannya. "Satu hal yang sudah ditunjukkan kepada saya adalah pentingnya komunitas. Dan kanker, seiring dengan usia saya yang hampir 85 tahun jelas mengajarkan pentingnya beradaptasi dengan kenyataan baru," tulis Jane Fonda bijak.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait