Piala AFF 2018: Hadapi Thailand, Timnas Indonesia Perhatikan Daerah Pertahanan

TEMPO | 14 November 2018 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Thailand menjadi lawan berikut Timnas Sepakbola Indonesia pada ajang Piala AFF 2018.  Pada laga tersebut Indonesia akan menjalani tandang.

Menjelang laga ketiga di AFF 2018, pelatih Indonesia Bima Sakti mengatakan lini pertahanan menjadi perhatian serius untuk menahan gempuran para pemain Thailand.

Menurut dia, salah satu yang menjadi catatan usai mengalahkan Timor Leste ialah komunikasi antarpemain dan mengelola organisasi permainan. "Ini yang menjadi PR (pekerjaan rumah) saya," kata Bima.

Selain itu, kehadiran pemain senior menjadi catatan tersendiri. Bima menyatakan keberadaan pemain senior atau yang sudah berpengalaman di pentas Piala AFF penting, salah satunya ialah untuk mengatur ritme permainan. Selain itu, pemain senior juga cukup bagus dalam membangun komunikasi di lapangan.

"Kami butuh pemain berpengalaman karena tugas dan tanggung jawabnya berat," ucapnya.  

Kendati demikian, Bima belum bisa memastikan pemain mana saja yang akan diturunkan lawan Thailand pada 17 November nanti di Stadion Rajamangala, Bangkok. Menurut dia, semua pemain punya kesempatan sama dan ia akan melihat perkembangan pemain dari latihan nanti.

Indonesia tampil dominan saat menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tercatat Hansamu Yama dan rekan-rekan memegang penguasaan bola sebesar 64 persen dengan total umpan mencapai 410 sementara Timor Leste hanya melepas 234 umpan. Sedangkan total tendangan ke arah gawang oleh pemain Indonesia mencapai 18 kali dan Timor Leste sebanyak 14 kali. Namun justru Timor Leste yang berhasil mencetak gol pertama ke gawang Indonesia.

Secara khusus, Bima Sakti menyatakan, para pemain harus lebih fokus saat menghadapi Thailand. Perbaikan lini pertahanan harus dibarengi dengan permainan yang menyerang. "Bukan hanya bertahan, tapi juga bagaimana menyerang secara kolektif," ucap pelatih berusia 42 tahun itu.

Pada pertandingan sebelumnya, Thailand tampil meyakinkan dengan mengalahkan Timor Leste tujuh gol tanpa balas.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait