Untuk Amankan CEO Mark Zuckerberg Facebook Habiskan Rp 140 Miliar

TEMPO | 10 Maret 2019 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Facebook berjuang menghadapi serangan balik dari berbagai masalah mulai dari privasi hingga disinformasi, banyak kecaman pedas telah ditujukan pada CEO Mark Zuckerberg.

Ancaman keamanan menjadi perhatian utama Facebook, karena perusahaan telah menyisihkan US$ 10 juta (Rp 140 miliar) setiap tahun untuk tim perlindungan eksekutif bos Facebook, Business Insider melaporkan, mengutip sumber yang mengetahui situasi tersebut, 8 Maret 2019.

Dana itu tak hanya membiayai tim keamanan yang terdiri dari lebih dari 70 orang, juga dilaporkan digunakan untuk terowongan pelarian dan ruang konferensi antipeluru. Tim keamanan itu dipimpin oleh mantan agen Dinas Rahasia AS Jill Leavens Jones dan juga memberikan perlindungan untuk Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg.

Sheryl Sandberg dan Mark Zuckerberg adalah eksekutif Facebook yang menerima perlindungan keamanan 24/7. Facebook telah meningkatkan personil keamanan untuk dua eksekutif itu, terutama karena keduanya menerima banyak ancaman kematian per minggu.

Ada rumor yang belum dikonfirmasi, banyak karyawan Facebook mengklaim Mark Zuckerberg memiliki akses ke terowongan pelarian yang terletak di lantai ruang konferensi antipeluru yang terletak di sebelah meja kantornya. Terowongan itu dilaporkan mengarah ke garasi parkir di bawah markas Facebook Menlo Park, California, dan dirancang untuk membuat CEO keluar dengan cepat jika terjadi keadaan darurat, menurut Business Insider.

Facebook menolak untuk mengkonfirmasi kepada Business Insider apakah ada terowongan itu atau tidak. Tidak ada yang diizinkan memarkir mobil mereka di ruang garasi di bawah meja Zuckerberg karena takut akan bom mobil dan risiko keselamatan lainnya, kata Business Insider.

Mark Zuckerberg memiliki tim keamanan bersenjata di luar rumahnya yang terjaga keamanannya di Bay Area California, dan semua dokternya diperiksa terlebih dahulu, menurut Business Insider. Para penjaga membantu melindungi Zuckerberg dan Sandberg dari penguntit. Pasangan ini juga memiliki nama keamanan 'lucu', kata Business Insider. Situs web itu memilih untuk tidak mempublikasikan nama karena alasan privasi.

Dewan Facebook menyetujui anggaran keamanan $ 10 juta pada bulan Juli, Business Insider menulis. Itu terjadi ketika Mark Zuckerberg dan Sandberg telah menghadapi tuntutan berulang kali dari advokat dan pakar privasi untuk mengundurkan diri dari peran mereka setelah berbagai skandal dalam beberapa tahun terakhir.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait