Doni Monardo Imbau Kepala Daerah Ikuti Arahan Pusat Terkait Peniadaan Mudik

Redaksi | 5 Mei 2021 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan para kepala daerah agar mengikuti arahan pemerintah pusat terkait larangan mudik.

"Keputusan dilarang mudik ini mohon kiranya narasinya adalah narasi tunggal. Tidak boleh ada pejabat manapun yang berbeda narasinya. Ini keputusan politik negara, Kepala Negara adalah Bapak Presiden Jokowi. Mohon sekali lagi, seluruh komponen bangsa betul-betul mengikuti arahan ini," tegas Doni.

Doni mengingatkan, jika dibiarkan seperti tahun lalu, akan terjadi peningkatan kasus positif Covid-19. Tahun ini, setelah Presiden mengumumkan larangan mudik pun masih ada sekitar 7 persen masyarakat yang menyatakan akan tetap mudik.

"Kita juga harus belajar dari beberapa negara, khususnya India. Saat ada pelonggaran terhadap kegiatan dan ritual keagamaan dan juga kegiatan budaya serta olahraga yang dikendurkan, kasusnya tidak terkontrol. Hari ini rata-rata per hari India mencapai kasus positif lebih dari 400 (ribu) kasus. Ini harus menjadi catatan kita semua," tambahnya.

Doni menyebut, larangan mudik dari pemerintah saja tidak akan cukup. Dia mengimbau masyarakat untuk turut mengajak orang tua serta keluarga yang berada di kampung halaman bersabar dan tidak mudik. Bersabar salah satu kunci bagi kesuksesan pengendalian pandemi Covid-19.

"Termasuk juga, mereka yang masih punya keinginan untuk mudik, tolong sekali lagi dikendalikan keinginan tersebut, untuk bersabar, jangan mudik," ujarnya.

Sumber: setneg.go.id

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait