Jenazah Dorce Gamalama Dimakamkan Sesuai Kodratnya Sebagai Laki-laki

Supriyanto | 16 Februari 2022 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jenazah Dorce Gamalama dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Bantar Jati, Setu, Jakarta Timur pada Rabu (16/2) pukul 14.00 WIB. Proses pemakaman dilakukan dengan mengikuti  protokol kesehatan sesuai prosedur Covid-19.

Sebelum dimakamkan, dari Rumah Sakit Pertamina Simprug jenazah sempat disalatkan di masjid Masjid Al Hayyu, Gg Baba, Lubang Buaya Jakarta Timur. Masjid yang letaknya tak jauh dari makam tersebut dibangun oleh almarhum semasa hidup.

Pengurus masjid Al Hayyu, Ustaz Anna Muhajir mengatakan jenazah Dorce Gamalama dimakamkan satu liang, ditumpuk dengan sepunya.

"Pemakamannya kita tumpuk di Bantarjati itu udah ada sepupunya beliau. Dia sama sepupunya itu dekat banget makanya nanti setelah diserahkan dari rumah sakit kita kasih penghormatan dibawa ke masjid kita akan solatkan bahwa Masjid Al Hayyu," ujar Ustaz Anan Muhajir di Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Anan Muhajir menceritakan, berdirinya Masjid Al Hayyu berkat jasa almarhum. Dulunya masjid tersebut merupakan sebuah tempat ibadah kecil yang kemudian direnovasi oleh Dorce.

"Ini adalah peninggalan beliau yang sangat bermanfaat buat warga sini. Dulu di sini enggak ada masjid, jalan juga masih kecil, pas ada beliau ke sini di aspal, mobil bisa masuk. Alhamdulillah jasa-jasa beliau saya tidak akan pernah lupakan," ungkap Anan Muhajir

Soal tata cara ibadah dan pemakaman jenazah Dorce apakah sebagai laki-laki atau perempuan, Anan menyebut akan dikembalikan sesuai asalnya.

"Dimakamkan secara perempuan itu kita serahkan semua kepada Allah. Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa ya kita kembalikan lagi ke asal yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah SWT saya nggak lihat yang lain-lain dulu," pungkas Anan Muhajir.

(pri)

 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait