Korban Meninggal Gempa Pasaman Sumbar Menjadi 11 Orang

tabloidbintang.com | 28 Februari 2022 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gempabumi magnitudo 6,1 Sumatera Barat memakan korban jiwa tak sedikit. Setelah hari sebelumnya ditemukan 10 orang meninggal, pada Minggu (27/2) kembali ditemukan satu korban jiwa oleh tim gabungan.

Dengan demikian korban meninggal kini sudah mencapai 11 orang dengan rincian  5 orang di Kabupaten Pasaman Barat dan 6 di Kabupaten Pasaman. Sedangkan korban luka sementara datanya adalah 42 orang luka berat, 346 luka ringan, dan masih hilang 4 orang. Sementara warga yang mengungsi kurang lebih mencapai 13 ribu jiwa.

Tim gabungan terus melanjutkan upaya pencarian dan pertolongan terhadap 4 orang yang masih dinyatakan hilang di Kabupaten Pasaman. Hal tersebut esusai arahan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

"Fokus utama penanganan yaitu pencarian 4 orang hilang, pendataan kerusakan dan yang terpenting memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi,” ungkap Suharyanto.

Gempabumi yang berpusat di 0,14 derajat LU dan 99,94 derajat BT pada kedalaman 10 kilometer itu juga mengakibatkan 103 unit rumah rusak berat, 5 unit rumah rusak ringan, kurang lebih 1.307 unit rumah rusak ringan. 3 unit fasilitas pendidikan rusak berat, 2 rumah ibadah rusak, 1 bangunan fasilitas umum rusak, termasuk beberapa bangunan milik pemerintahan. Selain itu, Bukit Lintang Nagari dilaporkan mengalami longsor dan upaya pembersihan material dan pencarian serta pertolongan menjadi fokus utama pertolongan.

***

sumber: bnpb.go.id

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait