Alasan Happy Salma Kembali Pentaskan Teater Bunga Penutup Abad

Altov Johar | 14 November 2018 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Titimangsa Foundation yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menggelar pementasan teater Bunga Pentutup Abad. Ini kali ketiga pementasan itu digelar setelah Agustus 2016 dan Maret 2017.

Happy Salma selaku produser pementasan teater Bunga Penutup Abad mengatakan, semua ini tak lepas dari banyaknya keinginan masyarakat agar pememtasan yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer kembali digelar.

"Dulu kita pentaskan dengan sungguh-sungguh dan buahnya permintaan yang tinggi. Akhirnya kita pentaskan lagi di Bandung. Dari situ saya punya keinginan besar memamerkan arsip-arsip karyanya Pram bekerjasama dengan Dia.Lo.Gue Art Space, dan tidak ada rencana mempentaskannya lagi," kata Happy Salma, di Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan, Selasa (13/11).

Happy Salma tak menyangka projek itu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Hanya saja kebanyakan mereka justru menanyakan karya-karya Pram ini tidak diadaptasi ke sebuah pementasan. Padahal sudah dua kali Happy membuatnya dengan judul yang sama.

"Dari situ sponsor dari Djarum Budaya Bhakti Foundation meminya yuk kita pentaskan lagi aja. Jadi itu lahir secara organik yang tidak pernah direncanakam sebelumnya," jelasnya.

Tentunya kesempatan itu tidak akan disia-siakan Happy Salma, karena bisa menampilkan semangat yang tertuang dalam karya-karya Pramoedya Ananta Toer lewat seni teater.

"Saya secara pribadi merasa itu adalah anugerah. Bukan hal yang mudah, mementaskan itu tidak gampang. Sedikit yang dapat kesempatan itu, makanya kita pergunakan sebaiknya," pungkasnya.

Berbeda dari pementasan sebelumnya, karakter Nyai Ontosoroh yang dulu diperankan Happy Salma, kini dipercayakan kepada Marsha Timothy. Pementasan teater Bunga Penutup Abad digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki tanggal 17 dan 18 November 2018.

(tov/ari)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait