Bicara Sepak Bola, Farhan Berharap Persib Menyusul Langkah Bali United

Panditio Rayendra | 20 Juni 2019 | 11:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presenter dan bintang film Farhan dikabarkan melenggang ke Senayan. Farhan menjadi anggota DPR RI mewakili Dapil 1 Jawa Barat yakni Bandung dan Cimahi. Menjelang keberangkatan ke Senayan, Farhan sempat melontarkan saran untuk Persib. Hal itu disampaikan Farhan saat menghadiri Pencatatan Persana Saham PT Bali Bintang Sejahtera Tbk. alias Bali United. Bali United menjadi klub sepak bola pertama di Asia Tenggara yang melenggang ke lantai bursa.

"Sejak 2014 saya menyadari Persib harus maju bersama. Mengingat banyak organisasi sepak bola di provinsi lain yang dikelola secara profesional. Saat Bali United go public, seharusnya Persib juga bisa go public, jangan mau ketinggalan. Sebenarnya organisasi ini sudah siap. Sudah memenuhi standar akuntansi untuk pelaporan di bursa efek. Kalau angka saya enggak bisa menyebut mengingat saya sudah tidak di organisasi itu lagi," urai Farhan ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bali United menjadi perusahaan ke-632 yang mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia. Diperdagangkan dengan kode saham Bola, pihak perseroran melepas sebanyak 2 miliar saham atau setara dengan 33,33 persen saham. Sementara harga penawaran perdana saham ditetapkan sebesar 175 rupiah per saham. Farhan menilai pencapaian Bali United menjadi pekerjaan rumah bagi organisasi sepak bola tingkah kabupaten, kotamadya, atau provinsi lain.

Dalam pengamatan Farhan, Gianyar Bali satu-satunya kabupaten di Indonesia yang menyerahkan pengelolaan stadion kepada pihak lain. Tidak ada satu pun pemerintah daerah di Indonesia yang menyerahkan pengelolaan stadion kepada swasta. "Itu kesalahan mendasar. Kalau dikelola oleh pemerintah, saya mau tanya, ada yang hasilnya bagus enggak? Serahkan pada swasta, untuk status kepemilikan tetap punya negara. Karena buat apa mengusai kalau tidak bisa mengelola dengan baik?" sambung Farhan di Jakarta, pekan ini.

Karenanya Farhan menganjurkan pemerintah kabupaten, kotamadya, dan provinsi lain belajar dari Gianyar. "Stadion Bali United meski tidak ada pertandingan pun tetap ramai pengunjung," ujar Farhan. Persib, kata Farhan, bisa mengikuti langkah Bali United. Bintang film Dilan 1990 dan Dilan 1991 berharap, "Walikota dan Wakil Walikota Bandung lebih proaktif memajukan sepak bola Kota Kembang. Mana kontribusi buat Persib padahal kontribusi Persib buat Bandung sudah sebegitu besar."

Dalam kesempatan itu, CEO Bali United, Yabes Tanuri, menjelaskan, dengan dilepasnya saham Bali United untuk umum, banyak pihak bisa mendukung tercapainya visi misi klub untuk meraih sukses baik di bidang sepak bola, industri olahraga, dan hiburan secara luas. "Para suporter pun dapat berperan lebih aktif dalam memperbesar dampak Bali United untuk mencapai tujuan. Karena tujuan kami tak lain tujuan mereka juga," pungkasnya.

(ray / ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait