Jangan Sampai Salah Pilih! Kenali Jenis Asuransi Mobil Sebelum Pengajuan

Redaksi | 27 Januari 2022 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap hari, jumlah kendaraan bermotor di jalan semakin banyak, hal ini meningkatkan risiko kecelakaan kendaraan. Meskipun Anda sudah berkendara dengan hati-hati, namun kecelakaan sangat mungkin bisa menimpa Anda. Kerusakan mobil akibat kecelakaan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Maka dari itu, menggunakan asuransi mobil cukup penting.

Asuransi mobil menawarkan proteksi pada mobil yang didaftarkan. Proteksi yang diberikan sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih oleh nasabah. Mungkin Anda pernah mendengar istilah TLO dan all risk. Ini asuransi kendaraan mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Lalu, bagaimana proteksi yang diberikan dari masing-masing jenis asuransi tersebut? Dan asuransi mana yang harus dipilih agar tidak merugikan? Simak artikel ini untuk penjelasan asuransi yang lebih lengkap.

Pentingnya Asuransi Mobil 

Tidak semua orang paham akan pentingnya asuransi mobil, sehingga masih banyak orang yang mengabaikan manfaat asuransi mobil. Padahal, asuransi kendaraan ini bisa memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami rusak, baik itu ringan atau berat. Selain itu, beberapa jenis asuransi bahkan akan menggantikan mobil yang hilang, membantu perbaikan dari kerusakan akibat bencana alam seperti banjir, huru hara, dan lainnya. Dengan begitu, jika Anda memiliki asuransi mobil, tidak akan mengalami tabungan yang terkuras habis untuk biaya perbaikan.

Kini, Anda bisa mendaftarkan mobil Anda asuransi di Traveloka Lifestyle SuperApp yang bekerja sama dengan Adira Insurance yang sudah terpercaya. Proses pengajuan dan klaim yang mudah dan cepat hanya dari aplikasi saja serta harga yang terjangkau bisa dijadikan pertimbangan kenapa harus memilih Traveloka Protect sebagai partner asuransi mobil Anda. Sebagai nasabah, Anda harus mengerti sedikit banyak mengenai asuransi mobil, setidaknya hal-hal mendasar dan paling penting agar bisa mempermudah saat proses klaim diajukan. Anda juga harus bisa menentukan jenis asuransi mana yang dipilih dan cocok untuk kendaraan Anda.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi mobil yang pertama adalah TLO, yaitu singkatan dari Total Loss Only. Asuransi ini memberikan jaminan akan ganti rugi kerusakan total kendaraan karena tabrakan, tergelincir, terbalik, kebakaran, dan lainnya. Selain itu, asuransi mobil TLO juga akan membantu Anda jika mengalami kerugian berupa kehilangan mobil akibat dicuri.

Asuransi TLO mampu menanggung hingga di atas 75% dari harga mobil Anda. Ini adalah tolok ukur mobil yang sudah mengalami kerusakan berat yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di daerah rawan dan menggunakan mobil di jalanan yang ramai.

Perlu diketahui jika asuransi Total Loss Only ini tidak dapat bertanggung jawab hingga 100% karena didasari nilai kendaraan yang semakin hari semakin turun dibandingkan saat pertama kali Anda mendaftarkan asuransi. Agar lebih paham, kita ambil contoh mobil seharga Rp 200 juta yang didaftarkan asuransi pada tahun 2019. Kemudian di tahun 2020, mobil mengalami kerusakan parah akibat kecelakaan lalu lintas. Anda mengajukan klaim atas kerusakan mobil tersebut dan pihak asuransi akan memberikan ganti rugi sebanyak Rp 160 juta saja, tidak sebanyak harga mobil saat pendaftaran asuransi.

Tetapi, Anda bisa memperbarui polis asuransi setiap tahun untuk mendapatkan penggantian 100%. Premi yang dibayarkan ketika Anda melakukan pembaruan polis tentu saja akan bertambah.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk biasa disebut dengan asuransi mobil comprehensive yang nantinya akan memberikan ganti rugi untuk jenis kehilangan rusak ringan, berat, serta kehilangan. Biaya premi asuransi all risk akan lebih mahal dibandingkan TLO karena bisa menanggung segala bentuk kerusakan, tidak hanya kerusakan besar saja.

Selain untuk memberikan ganti rugi, asuransi all risk juga akan membantu Anda dengan adanya layanan derek, bantuan darurat yang terjadi ketika berkendara di jalan, mitra-mitra terdekat, perbaikan satu hari, hingga penggantian mobil baru. Asuransi jenis ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan layanan pembaruan STNK.

Bahkan, asuransi juga akan mengganti mobil Anda jika kerusakan sudah dinilai cukup parah atau Anda mengalami kehilangan, ini biasanya hanya berlaku pada enam bulan pertama masa penanggungan. Kemudian, juga ada jaminan ganti rugi pada barang-barang yang hilang di mobil sesuai dengan kriteria dari perusahaan asuransi.

Pilih Jenis Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan 

Nah, ternyata asuransi mobil all risk dan TLO bisa dikombinasikan. Anda bisa membeli polis asuransi all risk untuk mobil baru di tahun pertama dan kedua, kemudian di tahun selanjutnya Anda mengambil polis asuransi TLO dengan premi yang lebih murah.

Pertimbangan ini karena beban keuangan yang dibutuhkan ketika terjadi kerusakan pada mobil baru lebih tinggi dibandingkan mobil yang sudah lama, meskipun hanya kerusakan kecil. Jadi, apapun jenis asuransi yang Anda pilih, pastinya akan memberikan manfaat dan dapat enyelamatkan keuangan Anda bisa terjadi kerusakan pada mobil. Biaya perbaikan mobil tidaklah murah, dengan mendaftar asuransi mobil, maka Anda bisa lebih tenang dalam berkendara karena sudah ada jaminan perbaikan.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftar asuransi mobil di Traveloka Protect dan nikmati kemudahan serta manfaat-manfaat yang diberikan.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait