Marcella Zalianty Komentari Film Turah yang Akan Dikirim ke Oscars

Wayan Diananto | 22 September 2017 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Marcella Zalianty (37) menjadi salah satu anggota Komite Seleksi Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI). Komite tersebut telah bekerja selama beberapa hari untuk menyeleksi lebih dari 100 film. Film yang terpilih akan mewakili Indonesia di ajang Academy Awards atau Oscars tahun depan, kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Pekan ini, Ketua Komite Seleksi PPFI Christine Hakim mengumumkan karya Wicaksono Wisnu Legowo, Turah, sebagai wakil Indonesia.

Banyak pihak terkejut dengan terpilihnya Turah. Marcella Zalianty kemudian angkat bicara. Tidak mudah untuk menyeleksi film apa yang dijadikan wakil Indonesia di ajang sebesar Oscars. "Sebuah film mestinya tidak hanya menjadi komersial di negaranya namun bisa dibawa ke tingkat dunia. Turah terpilih karena memiliki kekuatan dari aspek cerita. Ia potret peristiwa yang terjadi di Indonesia, memiliki keunikan lewat tema universal," urai Marcella Zalianty di Jakarta.

Tema universal itu, kata Marcella Zalianty, disampaikan secara humanis dan berpeluang bisa diterima dunia. Lebih jauh Marcella Zalianty mengatakan, fakta-fakta sosial dalam film rilisan FourColours Film itu disampaikan dengan pendekatan yang artistik, divisualkan secara jujur, dan akhirnya menjadi sebuah kekuatan.

"Ada permainan konsep yang membuat para juri merasa perlu mengapresiasi Turah. Kalau soal budget, jelas kalah dengan film buatan Hollywood. Bahkan, budget terbesar film Indonesia pun akan terlihat kecil jika dibandingkan dengan produksi Hollywood. Namun penyampaian sutradara dalam Turah sangat utuh," imbuh Marcella Zalianty.

 

( wyn / wyn )

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait