4 Film Horor di Tangga Box Office Indonesia, Ini Tanggapan Joko Anwar

Wayan Diananto | 7 Oktober 2017 | 20:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Joko Anwar (41) mencetak box office lewat film Pengabdi Setan. Hingga artikel ini disusun, Pengabdi Setan merangkul 1,2 juta penonton lebih. Pengabdi Setan menambah banyak jumlah film horor yang bertengger di daftar Film Indonesia terlaris 2017. Ia menduduki peringkat ke-5. Selain Pengabdi Setan, ada The Doll 2, Jailangkung, dan Danur: I Can See Ghost. Empat film horor berada di tangga box office, apa tanggapan Joko Anwar?

"Horor genre yang selalu diminati. Kalau dibikin dengan decent, orang pasti mau menonton. Sayangnya, banyak pekerja seni bikin horor asal-asalan. Makanya, awam sering komplain, 'Ah, film horor Indonesia begitu-begitu saja. Musiknya gedombrangan.' Terkait mengapa film horor tahun ini booming, saya pikir hanya kebetulan," terang Joko Anwar dalam sesi wawancara 4 mata dengan tabloidbintang.com di Jakarta, pekan ini.

Joko Anwar mengaku tidak tahu apakah ada formula untuk bikin film horor yang bagus sekaligus laris. Faktanya, ada film horor yang kualitasnya buruk, akting pemainnya sekenanya, tapi banyak yang menonton. Susah untuk menerka film apa saja yang akan laris sepanjang tahun ini. Konfigurasi pemain, waktu perilisan, dan sejumlah elemen lain sangat menentukan. Orang mau menonton film lagi apa enggak, kata Joko, bergantung pada kontennya.

"Film yang laku belum tentu mampu menjaga kepercayaan penonton. Kalau filmnya laku tapi penonton yang terlanjur masuk bioskop keluar dengan kekecewaan, maka film itu gagal menumbuhkan kepercayaan penonton. Saat banyak film Indonesia membuat penonton ingin menonton lagi dan lagi, saat itulah film Indonesia sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ulas Joko Anwar.

( wyn / wyn )

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait