Film Avengers: Endgame Pecahkan Rekor di Berbagai Negara

TEMPO | 30 April 2019 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Antusiasme publik menyaksikan film Avengers: Endgame sejak akhir pekan lalu, membuat hasil penjualan tiket melejit hingga 1,2 miliar dolar AS dan memecahkan rekor di banyak negara. Avengers: Endgame meraup pendapatan 350 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada, angka yang belum pernah dicapai film lain, dari penjualan tiket Kamis malam hingga Minggu, berdasarkan perkiraan Disney seperti dilansir Reuters, dikutip Senin, 29 April 2019.

Avengers: Endgame yang berdurasi tiga jam itu mengungkapkan nasib dari Iron Man, Thor, Captain America, Black Widow dan karakter pahlawan super lain yang juga menorehkan sejarah di Cina, Brasil, Prancis, Mesir, Afrika Selatan dan 38 tempat lain.

Di Cina, pasar terbesar kedua dunia untuk industri film, Avengers: Endgame berhasil membawa pulang pendapatan 330,5 juta dolar AS sejak tayang pada Rabu silam. Akhir pekan bersejarah ini membuat Disney, kata para analis, memasuki tahun yang tak tertandingi. Perusahaan itu tahun ini juga bakal mengeluarkan film-film lain seperti The Lion King hingga Toy Story 4.

Avengers: Endgame menjadi unik karena merupakan kisah pamungkas dari 22 film Marvel Studio sebelumnya yang telah menarik para penggemar berbondong-bondong ke bioskop selama sepuluh tahun terakhir. Para penonton "terbukti peduli pada karakter-karakter ini," ujar Cathleen Taff, kepala distribusi teater Disney. "Kupikir mereka ingin melihat bagaimana akhir kisah epik itu bergulir."

Film Avengers: Endgame dibintangi Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, Scarlett Johansson dan pemeran pahlawan super lainnya yang bertarung melawan Thanos, diperankan Josh Brolin. Hanya beberapa hari lalu, industri film punya dua pendapat berbeda mengenai apakah "Endgame" akan meraih pendapatan 300 juta dolar AS di pasar domestik. Film itu berhasil membuktikannya, jauh di atas rekor yang dipegang Avengers: Infinity War senilai 257,7 juta dolar AS tahun lalu.

Untuk memenuhi animo pentonton, bioskop setempat menambah jam penayangan pada jam-jam ganjil, seperti pukul 7 pagi. Operator bioskop AMC Entertainment terus membuka beberapa lokasinya selama 72 jam tanpa henti untuk terus menayangkan "Endgame". Bahkan perkiraan box office pun terlalu rendah. "Yang kami tidak perhitungkan adalah penggemar dengan senang hati datang pukul 3 dini hari untuk menonton film berdurasi tiga jam," kata Paul Dergarabedian, analis media senior di perusahaan Comscore.

Di Stasiun subway di London bahkan punya papan penunjuk berisi permintaan agar para penumpang tidak bicara soal plot film, sehingga tidak memberi bocoran pada orang lain, berdasarkan foto yang diunggah oleh Kepala Eksekutif Disney Bob Iger di Twitter. Sebagian penggemar di China membayar lebih dari 500 yuan atau sekitar Rp1 juta untuk tiket Avengers: Endgame di tempat ilegal, jauh lebih mahal ketimbang tiket resmi di bioskop senilai 60 yuan atau Rp126.000.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait