Christine Hakim Soal Film Bumi Manusia: Harusnya Bisa 10 Juta Penonton

Ari Kurniawan | 17 Agustus 2019 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Bumi Manusia mulai tayang di bioskop sejak 15 Agustus 2019. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo itu mendapat respons positif dari netizen, pemerhati film Indonesia, maupun penonton dari berbagai kalangan. 

Berdurasi cukup panjang, yakni 3 jam, film Bumi Manusia mampu membuat penonton untuk tidak beranjak dari tempat duduk. Seperti yang dirasakan oleh aktris senior Christine Hakim. 

"Luar biasa, bagus banget filmnya. Ini harusnya bisa 10 juta penonton. Kalau tidak sampai 10 juta penonton, ada yang salah dengan negara ini," kata Christine Hakim.

Selain Christine Hakim, banyak lagi selebritis Indonesia yang merasa senang dengan film yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer tersebut, seperti Marcela Zalianty, Cinta Laura, Tissa Biani, dan Maudy Ayunda. 

Film Bumi Manusia juga mendapatkan apresiasi positif dari politisi dan pejabat negara, seperti Budiman Sudjatmiko dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. 

Perhatian luar biasa juga diberikan para netizen dan pemerhati film Indonesia kepada film Bumi Manusia. Seperti yang disampaikan akun @aiyebe. "Belum sempat baca bukunya & hanya dengan review macam-macam yang memberi rating rendah untuk film ini, hingga malam ini ku buktikan sendiri. Orang itu, semuanya omong kosong #bumimanusia,". 

@TryMaharani19 menuliskan,”Ga ngerti lagi, ga bisa komentar apapa, pokoknya keren parah bikin aku mau nonton lagiiiii””” walau ga rela sama endingnya.” Hal senada juga ditulis oleh akun @ChardMaya “Baru kelar nonton #BumiManusia 3 jam ga sia-sia, sesuai & sama bagus dengan bukunya, 9/10 “seorang terpelajar harus juga berlaku adil sudah sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan” -Pramoedya Ananta Toer-.

Pemerhati film Shandy Gasela juga menaruh hati pada film Bumi Manusia. Menurutnya, film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan, Sha Ine Febryanti, dan Mawar De Jongh, ini merupakan film terbaik Hanung Bramantyo. 

Menilik situs filmindonesia.or.id, pada hari pertama penayangannya, film Bumi Manusia mampu mendapatkan 98 ribu lebih penonton meski hanya empat kali show dalam sehari.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait