92 Film dari 28 Negara Bakal Diputar di Balinale 2019

Ari Kurniawan | 15 September 2019 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bali Internasional Film Festival (Balinale) 2019 siap digelar. Salah satu festival film tertua di Tanah Air ini dijadwalkan berlangsung selama enam hari, mulai 24 hingga 29 September 2019, di Cinemaxx Sidewalk Jimbaran, Badung, Bali.

Sebanyak 92 film dari 28 negara akan diputar. 27 film di antaranya merupakan film Indonesia, baik yang sudah tayang di bioskop maupun belum. 

“Perkembangan film Indonesia baik dari segi kuantitas dan kualitas semakin menunjukkan tren positif setiap tahunnya. Oleh karenanya kami juga memberikan ruang apresiasi bagi film garapan sineas lokal untuk ditayangkan di Balinale. Harapannya, film Indonesia mendapatkan apresiasi dari penonton,” ujar Founder & Executive Director of Balinale, Deborah Gabinetti.

Film karya Djenar Maesa Ayu yang berjudul If This Is My Story ikut mendapat layar di Balinale 2019. Film yang dibintangi Cornelio Sunny, Sha Ine Febriyanti, dan Reza Rahardian, itu belum tayang di bioskop. Bagi Djenar, keikutsertaan filmnya dalam Balinale 2019 merupakan bentuk apresiasi. Dia pun berniat untuk mengajak seluruh pemain filmnya ke Bali. 

"Tentu saya senang film yang belum masuk bioskop ini bisa tayang di festival seperti Balinale. Ini bukan film pertama yang tayang disini sebelumnya sudah ada Nay, Hush, dan If This is My Story. Namun baru kali ini saya akan datang langsung ke festival ini dan mudah-mudahan, tiga bintang film itu datang ke Bali saat pemutaran pertama kali," ungkap Djenar. 

Di Balinale 2019 ada 9 World Premieres, 5 International Premieres, dan 19 Asian Premieres. Ajang ini juga kian semarak dengan digelarnya acara workshop, temu muka sosok penting industri perfilman internasional, dan kehadiran sineas Indonesia dari produser, sutradara dan lain-lain. 

(ari)
 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait