Joy Tobing Antusias Ambil Bagian Dalam Uniknya Perayaan Natal HKI

Ari Kurniawan | 2 Desember 2019 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perayaan Natal di Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) tahun ini berlagsung menarik. Acara ibadah diisi dengan kesenian khas Batak, seperti nyanyian dan tari-tarian.

Kemeriahaan acara bertema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang" ini disambut antusias para jemaat. Mereka hadir mengenakan selendang kain Ulos, lengkap dengan Sortali di kepala. Di masyarakat Batak Toba, Sortali dikenal sebagai ikat kepala yang fungsinya seperti mahkota. 

Ketua panitia acara, St. Panti Silaban, mengatakan kehadiran kesenian daerah dalam perayaan Natal HKI kali ini dimaksudkan untuk mengingatkan lagi pentingnya budaya dan adat istiadat di tengah rutinitas padat di tanah rantau. 

"HKI mau menyampaikan kepada seluruh masyarakat nusantara, bahwa budaya tidak bertentangan dengan agama, melainkan saling melengkali. Agama itu hadir untuk meyempurnakan budaya itu sendiri," ujar St Panti Silaban.  

"Yang kedua, akhir-akhir ini, khususnya di ibu kota, budaya sudah semakin memudar. Kami ingin bangkitkan lagi semangat budayanya," imbuhnya. 

Perayaan Natal HKI 2019 semakin semarak dengan hadirkan penyanyi jebolan ajang Indonesian Idol, Joy Tobing. Joy menyanyikan beberapa lagu di tengah acara.

"Saya sangat senang karena yang biasanya kalau acara Natal musiknya menggunakan band dan musiknya modern. Tapi kalau acara HKI ini menyanyikan lagu Natal dengan musik tradisional sehingga serasa kita merayakan Natal di kampung halaman," ugkap Joy Tobing antuasias.

Joy Tobing berharap acara serupa terus dipertahankan, karena bayak nilai positif yang bisa didapat oleh para jemaat.  "Kami orang Batak yang merantau ke Jakarta tetap ingat akar budaya kami," pungkasnya. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait