Banyak Dipakai Main Tiktok atau Instagram Reels, Ini Awal Mula Lagu "Mendung Tanpo Udan" Plus Liriknya

Tubagus Guritno | 11 September 2021 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lagu berbahasa Jawa Mendung Tanpo Udan sedang viral. Banyak selebriti Tanah Air bermain Tiktok atau Instagram Reels menggunakan lagu ini, namun yang versi dangdut atau versi Ndarboy Genk. Terutama pada bagian reff yang bunyinya: Awakdewe tau duwe bayangan / Besok yen wis wayah omah-omahan / Aku moco koran sarungan / Kowe belonjo dasteran / Nanging saiki wis dadi kenangan / Aku karo kowe wis pisahan / Aku kiri kowe kanan / Wis bedo dalan / Aku kiri kowe kanan / Wis bedo dalan 

Dibalik kepopuleran lagu tersebut, tidak banyak orang tahu siapa sosok penciptanya. Mendung Tanpo Udan awalnya diperkenalkan oleh Muhammad Kukuh Prasetya alias Kukuh Prasetya Kudamai, seorang musisi asal Jogja. Kukuh sebagai pencipta dan juga yang pertama kali menyanyikannya, namun dalam irama pop. 

Menurut Kukuh Prasetya Kudamai, seperti ditulis dalam keterangan unggahan video lagu ini, Mendung Tanpo Udan menceritakan proses perjalanan sesapang kekasih yang sudah bertahun-tahun menjalin hubungan. Namun pada akhirnya harus mengiklhaskan satu sama lain. Karena mereka merasa bahwa jalan terbaik dari sebuah pertemuan adalah perpisahan.

"Cerita perjalanan menuju perpisahan ini juga kompleks, mereka beda pemahaman dan juga tidak bisa saling mengimbangi satu sama lain", tulisnya.

Berikut lirik lagu Mendung Tanpo Udan - Kukuh Prasetya Kudamai

Mlaku bebarengan 
Bedino sayang-sayangan 
Sedih lan kebahagiaan 
Dilewati tahun-tahunan 

Padu meneng-menengan 
Barkui kangen-kangenan 
Kadang bedo pilihan 
Nganti pedot balikan 

Mendung tanpo udan 
Ketemu lan kelangan 
Kabeh kui seng diarani perjalanan 

Awak Dewe tau duwe bayangan 
Besok Yen wes wayah omah-omahan 
Aku Moco koran sarungan 
Kowe blonjo dasteran 

Nanging Saiki wes dadi kenangan 
Aku Karo Kowe wes pisahan 
Aku kiri Kowe kanan Wes bedo dalan

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait