Tentang Ibu, Film Garapan Melanie Subono Raih Penghargaan di Rusia dan Belanda

Ari Kurniawan | 9 Oktober 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Melanie Subono selama ini dikenal sebagai musisi dan juga aktivis. Siapa sangka, putri promotor terkenal Adie Subono ini juga punya kepiawaian dalam membuat film. Tak tanggung-tanggung, dalam proyek film berjudul "Tentang Ibu", Melanie bertindak sebagai executive produser (bersama Agung Rahadian), produser, pengarang cerita, hingga jadi co-direct untuk Reza Nangin. 

Film dengan akar musikal ini dimainkan oleh dua tokoh utama, yakni Jajang C Noer  dan Khiva Iskak. “Saya orang musisi, jadi pendekatan cerita yang paling saya mengerti ya dari angle musik," kata Melanie Subono, dalam jumpa pers virtual, Kamis (7/10). 

Tentang Ibu bercerita tetang seorang anak yang berkeliling Indonesia untuk mencari ayahnya hanya bermodalkan foto pernikahan orang tuanya dan sehelai kain milik ayahnya. Kain itulah yang mengarahkan dia ke 5 pulau Indonesia dan bertemu dengan 5 kearifan, 5 lagu, 5 tradisi, tapi 1 kesamaan, yaitu kekuatan tokoh perempuan di setiap derah.

Pencarian selama 7 hari diiringi 5 lagu daerah ini dimulai di Banjarmasin (Ampar Ampar Pisang), Padang (Kampuang Nunjauh di Mato), Yogyakarta (Lir Ilir), Sorong (Yamko Rambe Yamko), dan Ambon (Sio Mama). Melanie didukung 7 musisi ternama, seperti Prince Poetiray, Ojan Sisitipsi, Monita Tahalea, Micky Idol, Tuan 13, Albert Fakdawer, dan  DJ Sumantri.

Selain akan diputar di Rusia pada 2 Oktober dan sedang berjuang di Toronto Women Film fest dan Hongkong Youth Film Fest, Tentang Ibu sudah memenangi berbagai festival film Indie di dunia, di antaranya Bali 4th Dimension Independent Film (Best Narrative Feature) dan Independent Awards (Best Trailler & Best Film) , NETHERLAND Pure Magic International Film Festival (feature film), Russia Halo International Film Festival (Best Feature Film) , INDIA Rameshwaram International Film Festival (Best International Feature Film) dan SINGAPORE World Film Carnival (Narrative Features above 40 min & Debut Film Maker).

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait