Ajak Anak Belajar Seru Lewat Serial Web Cerita Tiga Sekawan

Vallesca Souisa | 31 Oktober 2021 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Baru-baru ini, Zenius meluncurkan serial web edukatif baru bagi orang tua dan anak untuk menjelajahi dunia belajar yang menyenangkan. Judulnya, Cerita Tiga Sekawan. Program ini dibuat untuk menambah semangat eksplorasi belajar anak dengan mengenalkan karakter animasi lucu yang membuat kegiatan belajar semakin berwarna dan menyenangkan. 

Episode pertama dari Cerita Tiga Sekawan telah tayang di platform Youtube sejak tanggal 8 Oktober lalu. Hingga saat ini, sudah ada delapan video teaser dan tiga episode yang diunggah di kanal Youtube ZenOrtu dengan masing-masing episode berdurasi sekitar 10 menit. 

Seri video Tiga Sekawan ini bercerita tentang tiga anak bernama Gika, Aksa, dan Maji yang memiliki cara berpikir, pengetahuan, dan humanisme yang unggul. Mereka bermain dan belajar bersama, dan saling melengkapi untuk membantu memecahkan masalah sehari-hari. Sering kali, mereka berhadapan dengan karakter lain bernama Olis dan Galah yang memiliki karakter sangat berbeda dari mereka. 

Interaksi dinamis yang terjadi di antara para karakter memberikan kesempatan belajar yang sangat baik untuk anak berusia 7-12 tahun. Sehari-hari, mereka juga bersinggungan dengan warga kota lain, yang lewat interaksinya, membantu mereka belajar lebih banyak tentang dunia. Menggunakan kemampuan ilmu pengetahuan masing-masing, tiga anak ini bekerja sama untuk memahami, memecahkan masalah, dan membantu banyak orang di manapun mereka berada. Hal ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan pragmatis dan sosial mereka.

“Cerita Tiga Sekawan berangkat dari potongan kehidupan di dunia anak-anak. Setiap episodenya menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan berbagai hal menarik yang menyertainya. Seluruh tayangan di ZeniusLand akan fokus dalam menyuguhkan nilai-nilai positif yang berbeda di setiap episodenya. Kami sengaja membuat angle cerita yang dekat dengan anak-anak, namun tetap memberikan nilai-nilai positif agar para penonton dapat belajar untuk berpikir kritis, memetakan dan menjawab masalah sehari-hari, serta membantu orang-orang di sekitar dengan bekal ilmu pengetahuan,” ungkap Sabda P. S., Chief Education Officer Zenius. 

Bagi orangtua serta guru, kehadiran serial video ini tentu bisa memberikan alternatif materi belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi si kecil. Pasalnya, selama pandemi berlangsung, anak-anak semakin membutuhkan hiburan digital yang tidak hanya mengurangi rasa bosan, namun juga bisa menunjang pengembangan kognitif dan karakternya. 

Peluncuran serial web ini juga dirancang dengan format yang tepat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tren gaya hidup anak-anak di era pandemi. Menurut penelitian pada Februari 2021, 87% anak-anak Indonesia sudah akrab dengan dunia media sosial sebelum menginjak usia 13 tahun - dan platform media sosial yang paling banyak digunakan adalah Youtube (78%). Anak-anak menghabiskan waktu dari 2,4 jam sampai 3,3 jam sehari di media sosial, entah itu untuk bermain gim dan chatting (65%), belajar daring (48%), ataupun menonton konten film/serial (42%). Oleh karena itu, pemilihan kanal pemutaran video Cerita Tiga Sekawan dirancang menyesuaikan platform yang populer di kalangan usia tersebut agar bisa diakses oleh sebanyak mungkin anak dari berbagai daerah di Indonesia. 

Menurut penelitian yang sama, sekitar 98% orang tua lebih khawatir terhadap tontonan negatif yang berdampak buruk pada anak-anak mereka. Dengan serial ini, siswa dapat memulai petualangan dalam mengejar ilmu pengetahuan bersama Tiga Sekawan, yang mewakili nilai-nilai karakter anak yang perlu digali sejak dini; Gika untuk kemampuan logika, Maji untuk imajinasi, dan Aksa untuk literasi. Sehingga, orang tua pun bisa merasa lebih tenang karena konten video tersebut tidak hanya menyuguhkan sisi edukatif, tapi juga nilai-nilai sosial yang positif. 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait