Rilis Single Jas Merah, Maharya Ingin Menumbuhkan Kembali Jiwa Patriotisme

Supriyanto | 10 November 2021 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Grup musik Maharya, binaan Yayasan WR Soepratman resmi merilis lagu nasional berjudul "Jas Merah" pada Rabu (10/11). Lagu tersebut sengaja dirilis di Hari Pahlawan sebagai pengingat betapa besarnya perjuangan para Pahlawan Tanah Air.

Sekretaris Yayasan WR Soepratman dan konseptor musik kebangsaan sekaligus sebagai vokalis band Maharya, Angga Satria mengungkap makna lagu yang dinyanyikan.

"Lagu ini mewakili perasaan sekaligus menumbuhkan kembali emosi jiwa patriotisme yang mulai melemah," ujar Angga Maharya dalam siaran pers yang diterima wartawan pada Rabu (10/11).

Maharya digawangi oleh tiga personel yakni Angga Satria (vokalis), Herman Husin (eks drummer Jamrud), dan Iram (gitaris eks U'Camp). Selain "Jas Merah", mereka sudah sempat merilis lagu "Matahari Terbit".

Angga Satria menjelaskan arti dari judul "Jas Merah" sendiri bukan semata-mata gambaran dari Presiden Soekarno.

"Saat mendengar 'Jas Merah' itu orang-orang pasti salah tebak akan merujuk ke (partai) merah, ke Bung Karno. Tidak, saya menulis satu persatu partitur dan liriknya," terang Angga Maharya.

"Melupakan sejarah itu banyak, kita bekerja lupa memerdekakan orangtua kita, di rumah itu kan melupakan sejarah juga namanya. Intinya pesannya jangan lupakan sejarah," tambah Angga.

Musik dipilih Maharya untuk mengampanyekan persatuan bangsa karena dianggap cukup efektif. Angga Maharya berkaca dari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 hingga terdengar lagu kebangsaan Indonesia Raya yang hingga kini terus dinyanyikan.

"Karya Maharya juga akan memiliki tempat dan dikenang siapa pun," pungkas Angga Maharya.

(pri)

 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait