Ravi Andika Rilis Single Kedua Berjudul Picture, You

Ari Kurniawan | 23 Mei 2022 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sukses dengan single perdananya, My Place, Ravi Andika memperkenalkan karya keduanya yang diberi judul Picture, You, pada tanggal 20 Mei 2022, di bawah naungan record label 301 Entertainment. Seperti sebelumnya, Ravi bermain dalam nuansa pop dengan balutan medium beat disco. 

Yang selalu menarik dari Ravi Andika adalah tidak pernah ada interpretasi tunggal dari setiap makna liriknya. Seperti halnya di single Picture, You, yang bercerita tentang luapan perasaan seseorang terhadap orang yang disukainya, walaupun tanpa pernah bertegur sapa dan hanya sekilas mengenalnya, versi hiperbola dari cinta pada pandangan pertama atau bercerita tentang kerinduan akan seseorang yang pernah saling memiliki namun kini sudah tidak bisa saling memiliki, atau cerita apapun yang terbangun di ranah imajinasi pendengarnya.

Apapun interpretasinya, lirik Picture, You akan selalu terasa relatable di era manapun dan oleh gender apapun. Tema dengan konflik yang selayaknya dilantunkan oleh kebanyakan musisi dengan notasi yang mendayu, dibalut aransemen yang mempertegas lara, membawa pendengarnya ke ruangan dengan tonal suram, seraya sepakat bahwa patah hati adalah akhir dari segalanya.

Tapi tidak dengan Ravi Andika, tema ini disampaikan secara kontradiktif (dalam artian yang baik tentunya). Dengan notasi yang jauh dari kesan sedih, dibalut oleh aransemen dengan beat yang uplifting, Ravi Andika melalui Picture, You seperti merespon melankoli ini dengan sebuah pesta kecil di kamarnya, mengundang beberapa teman dekat untuk ikut merayakan. Bersulang dengan mengangkat mocktail, seraya sepakat bahwa patah hati itu biasa saja. Ravi Andika memberikan pendekatan dan pengalaman sensorik yang malah tidak biasa.

Penulisan lirik yang cerdas, terdengar kompleks namun sebenarnya masih dalam jangkauan nalar paling dekat. Eskalasi emosi di lagu ini pun sangat terasa. Semakin menuju ke akhir lagu, perasaan “ingin memiliki” atau “ingin memiliki lagi” semakin terasa lewat lirik dan diamplifikasi oleh aransemen pada single ini.

Single Picture, You diciptakan oleh Ravi Andika sendiri dan melibatkan orang-orang hebat di industri musik Indonesia. Diantaranya adalah Dani Primada & Adi Prisada sebagai Produser, Ayoe Purnamasari sebagai Vocal Producer & Backing Vocal, lalu sebagai Additional Player adalah Ari Firman (Bass) & Aditto Tessar (Guitar). Single ini direkam oleh Adiw db di studio pribadi Ravi Andika, Dika’s Chamber, di-mixing oleh Ivan Dewanto dan melalui proses mastering oleh Steve Corrao (SAGE Studio).

Picture, You dirilis di seluruh digital streaming platform dan akan disusul dengan perilisan video musik Picture, You, yang merupakan representasi perspektif Ravi Andika secara visual tentang single ini, dan dalam waktu dekat tentunya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait