Terobosan Baru Liputan 6 Awards 2022 Setelah 11 Tahun Penyelenggaraan

Indra Kurniawan | 29 Oktober 2022 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Liputan 6 SCTV kembali mempersembahkan penghargaan Liputan 6 Awards. Ajang penghargaan bagi para tokoh yang mendedikasikan hidupnya untuk lingkungan dan sesama, serta konsisten menebarkan inspirasi kepada masyarakat ini, tayang di SCTV pada Jumat (28/10) pukul 12.30 WIB.

Pada perhelatan yang ke-12 kalinya ini, Liputan 6 Awards 2022 memberikan penghargaan kepada empat sosok yang berjasa dan berjuang pada bidang Pendidikan, Lingkungan, Kemanusiaan, serta Pemberdayaan UMKM. Istimewanya, setelah 11 kali digelar di panggung pertunjukan, Liputan 6 Awards kali ini diberikan langsung kepada para peraih penghargaan di daerahnya masing-masing.

Para tokoh penting dan public figure turut serta untuk menyerahkan tropi Liputan 6 Awards. “Ini terobosan baru, agar para pemirsa bisa menyaksikan secara langsung bagaimana sosok-sosok peraih Liputan 6 Awards mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan orang lain, sekaligus menginspirasi masyarakat sekitarnya. Para pemirsa juga bisa melihat langsung kondisi masyarakat atau lingkungan yang sosok-sosok hebat ini perjuangkan,” ujar Retno Pinasti, Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV.

Selain tropi, SCTV juga memberikan uang penghargaan senilai 30 juta rupiah untuk masing-masing peraih Liputan 6 Awards. Di kategori bidang Lingkungan, sosok drh. Rosa Rika Wahyuni dari Aceh menjadi sorotan akan kebaikannya. Sejak bergabung di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh pada 2010, drh. Rosa telah menyelamatkan begitu banyak gajah-gajah liar.

Dari bidang Kemanusiaan, Liputan 6 Awards diberikan kepada Yayasan Rumah Satu Sosok yang tak kalah menginspirasi dan berdedikasi tinggi di bidang Pendidikan adalah Mbah Untoro yang berasal dari Gunung Kidul. Mbah Untoro yang memiliki keterbatasan fisik karena kondisi lumpuh yang dideritanya tetap semangat mengajari anak-anak di kampungnya sambil berbaring di ranjang sejak 37 tahun lalu.

Kiryono asal Bogor, menjadi sosok yang begitu menginspirasi di bidang Pemberdayaan UMKM. Berkat kegigihannya menanam kopi, Kiryono bersama Kelompok Tani Hutan di Cisarua, Bogor, sukses meningkatkan taraf ekonomi warga desa dan membuat area resapan air di hulu sungai Ciliwung yang sempat rusak, kembali menjadi hijau.

“Liputan 6 Awards memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang jarang tersorot oleh publik. Mereka sudah begitu berjasa dan berdedikasi tinggi kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. Kami harap melalui acara ini, dapat menjadi inspirasi bagi pemirsa, sehingga ke depannya akan lahir lebih banyak tokoh-tokoh inspiratif yang berdedikasi untuk masyarakat sekitar,” ujar Banardi Rachmad, Deputy Director Programming SCTV.

Sejumlah tokoh penting turut hadir sekaligus menyerahkan tropi Liputan 6 Awards 2022. Mereka adalah Tri Rismaharani (Menteri Sosial Republik Indonesia), Teten Masduki (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah), dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas (Anggota DPD RI dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta).

Ada juga bintang ternama tanah air seperti Budi Doremi, Pesulap Merah, dan sejumlah kelompok kesenian daerah turut memeriahkan Liputan 6 Awards 2022 yang dipandu news anchor Liputan 6; Djati Darma, Skolastika Sylvia, Azizah Hanum, dan David Rizal.

 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait