Cek Kembali Kotak P3K Anda Saat Balik Lebaran Nanti

Wayan Diananto | 24 Juni 2017 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bu, bagaimana dengan perjalanan mudik Anda tahun ini? Semoga lancar dan selamat sampai di kampung halaman, ya. Jika Anda melakukan perjalanan mudik dan balik lewat jalur darat dengan kendaraan pribadi, ada baiknya Anda mengecek perlengkapan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di mobil Anda.

Cek isinya, apakah sudah lengkap dan pertimbangkan kembali apa saja yang patut dimasukkan ke kotak P3K sebelum nanti melakukan perjalanan balik dari mudik.

Apa saja yang perlu Anda masukkan ke dalam P3K? “Esensi kotak P3K adalah penanganan luka yang paling simpel atau sederhana. Jadi isilah kotak P3K di mobil Anda dengan antiseptik (obat merah), penutup luka (plester), dan perban. Ketika Anda menempuh perjalanan yang panjang dan jauh, maka siapkan juga obat-obat untuk menangkal penyakit yang paling lazim terjadi di jalan,” ungkap Marketing Manager Hansaplast, PT Beiersdorf Indonesia, Setiawan Saputra, di Jakarta.

Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain masuk angin, pegal, sakit kepala, batuk, mual, dan kembung. Jadi, siapkan obat-obat untuk menangkal penyakit-penyakit tersebut. Untuk anggota keluarga yang tidak terbiasa dengan obat, siapkan pula koyo.

“Jadi, isi kotak P3K di dalam mobil itu tidak serumit yang dibayangkan. P3K adalah langkah pertama yang patut diambil sebelum Anda membawa anggota keluarga yang mengalami luka dalam perjalanan atau pun sakit ke rumah sakit. Obat-obatan di kotak P3K biasanya berfungsi membersihkan luka (dengan antiseptik) untuk mencegah infeksi baru kemudian mencari rumah sakit terdekat,” sambungnya.

Setiawan mengimbau keluarga Indonesia agar selama mudik dan balik Lebaran nanti menjaga kesehatan dan memperhatikan daya tahan fisik. Saat lelah, jangan ragu untuk mengambil jeda istirahat di rest area yang tersedia di sepanjang jalur mudik maupun balik.

Hansaplast misalnya, selama mudik dari tanggal 19 hingga 23 Juni lalu mendirikan posko mudik di 9 titik. Yakni di Jalur Pantai Utara rest area km 19, km 57, Cipali rest area Km 102, Km 228, dan Km 256, lalu di SPBU Muri Tegal, Bumiayu Brebes, Wiradesa Pemalang, dan Masjid Al Fairus Pekalongan. 

(wyn / bin) 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait