5 Kiat Aman Menggunakan Media Sosial

TEEN.CO.ID | 18 Juli 2017 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Media sosial seperti Twitter, Instagram, facebook, dan masih banyak lagi, sudah jadi bagian untuk bersosialisasi.

Informasi diri, cerita keseharian kita, hal-hal terbaru, berbagi foto, juga cerita dari teman-teman kita bisa dengan mudah kita dapatkan lewat media sosial.

Namun demikian, jika tidak diimbangi dengan cara yang aman perkembangan media sosial yang begitu pesat bisa berdampak buruk bagi kita.

Kasus-kasus, seperti cyber bullying, penipuan hingga penculikan bisa terjadi lewat media sosial. Berikut ini tips aman menggunakan media sosial:

Lindungi Informasi Pribadi

Saat memposting sesuatu lewat media sosial kita harus ingat bahwa informasi tersebut dapat tersebar dengan luas.

Sebaiknya kita tidak sembarangan mengunggah informasi pribadi atau lokasi kita berada, untuk menghindari peretasan yang mengincar data pribadi. Alamat lengkap rumah, nomor telepon sebaiknya tidak ditampilkan untuk bisa dilihat publik.

Jika memang penting, maka kita bisa mengatur pengaturan privasi agar hanya teman atau orang-orang yang kita kenal saja yang bisa mengetahuinya.

Selektif Memilih Teman

Tak hanya di dunia nyata saja kita harus selektif memilih teman, ini berlaku juga bagi pergaulan kita di dunia maya.

Jangan sembarangan mengkonfirmasi pertemanan atau menambahkan teman di media sosial tanpa kita melihat dulu profil lengkapnya.

Kita harus waspada pada akun-akun yang bisa saja menyebarkan link tertentu ketika sudah berteman di media sosial.

Ada banyak link yang ketika kita kunjungi ternyata mengarahkan pada virus untuk mencuri data pribadi kita atau merusak akun kita.

Perkuat Password

Salah satu cara untuk meningkatkan perlindungan akun media sosial kita adalah dengan memperkuat password. Kita bisa mengganti kata sandi secara berkala atau menggunakan kombinasi angka atau huruf yang unik dan tidak mudah tertebak.

Juga sebaiknya tidak menggunakan sandi yang sama pada setiap media sosial yang kita miliki. Hal ini untuk menghindari peretasan semua akun media sosial kita, jika salah satunya berhasil diretas.

Perhatikan Etika

Sudah banyak kasus yang membuat seseorang berurusan dengan hukum akibat unggahnnya di media sosial. Kata-kata kasar, kemarahan, unggahan yang menyinggung SARA, merusak nama baik orang lain dapat dengan mudah diperkarakan jika kita tidak berhati-hati.

Informasi dari media sosial dapat cepat menyebar dan jadi konsumsi publik. Jadi sebaiknya pikirkan dulu dengan baik sebelum kita mengunggah apapun ke media sosial.

Jangan Mudah Membagikan Tautan

Meski terkadang kita ingin membagikan sebuat tautan karena tertarik atau bertujuan untuk disimpan sendiri, sebaiknya kita juga tidak sembarangan melakukannya. Jangan terlalu mudah terprovokasi membagikan sebuah informasi dari tautan tertentu jika kita belum mengatahui kebenarnnya.

Bisa-bisa kita jadi penyebar berita hoax. Tempatkan orang lain seperti diri sendiri, kita pasti sebel kan jika timeline media sosial kita banyak tautan provokatif atau berita hoax?

 

TEEN.CO.ID

 

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor: TEEN.CO.ID
Berita Terkait