Tampil Manis Minimalis di Hari Lebaran dengan Riasan No-Makeup Makeup 

Vallesca Souisa | 12 Mei 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Riasan no-makeup makeup kembali ramai dibicarakan sepekan belakangan terkait pandemi yang tak kunjung usai. Kita kini memakai masker, yang menutupi hampir setengah wajah. Membuat, makeup tak terlalu harus effort lagi. Riasan kini kembali tipis-tipis saja, seperti tidak memakai makeup. Sejatinya, inilah tujuan riasan no-makeup makeup, tampil dengan makeup ringan, minimalis, tetapi terlihat segar. Gaya riasan ini juga menjadi rekomendasi makeup artist langganan artis, Bubah Alfian dan Vivi Thalib, untuk diaplikasikan Lebaran. “Saya sangat merekomendasikan no-makeup makeup untuk riasan Hari Lebaran. Sebaiknya riasan senatural mungkin, bersih, tidak berlebihan,” ucap Vivi. 

Semakin Minimalis, Semakin Baik 
    Lagi pula tampil beda di Hari Lebaran bukan berarti memakai bedak tebal, eyeshadow tebal, serta perona pipi dan lipstik merah menyala. Inti makeup adalah mengoreksi atau menyempurnakan bentuk wajah agar Anda terlihat lebih manis, bukan menor. 


    Untuk merayakan Lebaran bersama keluarga dan sahabat, Bubah, perias yang biasa menangani artis papan atas seperti BCL, Rossa, dan Cinta Laura, menyarankan riasan yang minimalis dan ringan. 
     “Sebenarnya riasan itu semakin minimalis semakin baik. Yang paling penting Anda terlihat segar. Seperti biasa, tetap menggunakan pelembap, alas bedak, bedak tabur, eyeshadow, perona pipi, dan untuk bibir menurut saya, sih cukup lip tint, kesannya lebih natural. Syarat riasan minimalis itu kulit harus sehat, lembap, dan alas bedak senada dengan warna kulit,” jelas Bubah. 
    Artinya, alas bedak bahkan tidak boleh setingkat di atas atau di bawah warna kulit. Selain itu juga disarankan memilih alas bedak cair, karena lebih cepat diserap kulit dan terlihat lebih ringan. 
    Vivi Thalib, makeup artist langganan Desy Ratnasari, Zaskia Sungkar, Shireen Sungkar, dan sederet seleb lainnya ini sependapat dengan Bubah. Pastikan memakai pelembap, kalau perlu mengoleskan serum sebelum alas bedak cair. Karena inilah kunci no-makeup makeup. 
     “Setelah alas bedak, aplikasikan concealer di bawah mata tipis-tipis, lalu oleskan krim perona pipi di tulang pipi. Kalau sudah, semprotkan spray pelembap wajah, seperti Evian. Ini fungsinya untuk mengunci riasan dasar agar tahan lama dan memberi efek berkilau pada wajah. Diamkan sejenak, baru bubuhkan bedak menggunakan kuas bedak,” terang Vivi. 

Warna-warna Lembut 
    Langkah selanjutnya, menggoreskan eyeliner hitam pada garis mata bagian bawah dan atas untuk mempertegas bentuk mata. Baik Bubah maupun Vivi menganjurkan untuk menggunakan eyeshadow satu warna. “Cukup memulas kelopak mata dengan warna pink gelap, peach, atau cokelat. Kalau Anda mau, untuk sudut mata paling luar, bisa menambahkan sedikit aksen perak atau sentuhan glitter dari Make Up For Ever, biar segar,” ucap Bubah. 
    Alis diarsir tipis dengan pensil alis atau memanfaatkan eyeshadow cokelat untuk mengisinya agar terlihat natural. “Kalau masih ada waktu, boleh menambahkan maskara, khusus agar riasan mata terlihat lebih cetar. Kemudian oleskan perona pipi berwarna segar, seperti pink atau peach di area tulang pipi dan rahang,” sambung Vivi. 
    Sentuhan akhir terletak pada pilihan warna lipstik. Menurut Vivi, gunakan lipstik glossy, agar terlihat segar dan berkilau. Bubah malah menyarankan cukup memakai lip tint berwarna pink lembut. “Pertama-tama pakai pelembap bibir dulu. Kemudian Anda bisa mengoleskan lipstik warna pink, ungu muda, atau peach. Kalau mau lipstiknya agak tahan lama, setelah memulas lipstik, kasih bedak tabur sedikit di bibir. Caranya, totol-totol bedak tabur di area bibir, lalu ratakan. Ini membuat lipstik awet di bibir,” terang Vivi. Untuk beribadah dan bersilaturahmi dengan keluarga, makeup cukup sesimpel itu saja. 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait