Cara Mengurangi Bau Tidak Sedap di Miss V saat Menstruasi

Redaksi | 8 Agustus 2021 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagian wanita terganggu dengan bau kurang sedap yang muncul ketika mengalami siklus haid. Bau darah yang bercampur dengan cairan tubuh dan bakteri bisa jadi menimbulkan bau yang mengganggu. 

Pembalut yang digunakan terlalu lama juga bisa jadi penyebabnya. Darah yang menempel terlalu lama pada pembalut akan memicu timbulnya patogen dan bau. 

Solusinya, ganti pembalut dengan rutin, setiap 4-6 jam sekali dan jangan menggunakan pembalut dengan pewangi. Karena pembalut jenis ini akan memengaruhi keseimbangan pH organ intim dan memicu tumbuhnya bakteri. Anda bisa menggunakan pembalut yang terbuat dari katun karena tidak memerangkap darah di atas permukaan pembalut. 

Tidak hanya pembalut, ganti celana dalam 2-3 kali sehari dan pakai celana dalam yang terbuat dari katun serta tidak ketat. Tujuannya, untuk mengurangi keringat dan menjaga organ intim tetap kering.

Jangan lupa juga untuk membersihkan organ intim secara rutin, cukup dengan air dan hindari penggunaan pembersih dengan kandungan yang keras. Penggunaan produk antibakterial juga bisa membunuh bakteri baik. 

Ketika sedang terburu-buru atau bepergian, sebagian wanita mungkin membersihkan organ intim dengan tisu basah. Hati-hati, kebiasaan ini bisa memengaruhi keseimbangan pH. 

Selain itu, bulu kemaluan yang tebal bisa jadi penyebab lain timbulnya bau kurang sedap ketika haid. Anda bisa mencukur bulu tersebut jika dirasa itu penyebab munculnya bau kurang sedap.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait