8 Tanda Kanker Payudara yang Wanita Perlu Waspadai

Redaksi | 19 Agustus 2021 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kanker payudara menjadi momok yang besar bagi wanita. Penderitanya kadang tidak tahu bahwa ia sedang menderita kanker payudara karena merasa tidak ada benjolan di sekitar payudaranya. Padahal, benjolan saja bukan satu - satunya penyebab kanker.

Berikut adalah 8 tanda kanker payudara yang perlu Anda waspadai.

1. Puting yang berubah bentuk dan terasa sakit. Apakah puting Anda sedikit sakit atau agak menyakitkan untuk disentuh? Apakah mereka mengeluarkan cairan yang bukan ASI? Jika ya, ini perlu diwaspadai.

2. Anda mengalami perubahan tekstur kulit dan pembesaran pori-pori kulit. Beberapa menggambarkan kalau kulit payudara penderita kanker bertekstur seperti kulit jeruk.

3. Anda merasa sangat lelah dan kehilangan energi padahal Anda merasa sudah beristirahat dengan cukup.

4. Anda mengalami perubahan berat badan yang sangat signifikan tanpa alasan yang jelas.

5. Ada benjolan di ketiak Anda. Jika Anda menemukan benjolan di ketiak Anda (bukan di payudara), Anda perlu waspada. Jaringan payudara memanjang hingga ke ketiak; benjolan kanker tidak hanya terjadi di payudara.

6. Anda merasa ukuran payudara Anda semakin tidak jelas. Bisa saja salah satu payudara Anda lebih besar dibanding yang lainnya.

7. Anda terus-terusan merasa gatal. Menurut BreastCancer.org, rasa gatal yang tidak hilang bisa mengarah pada peningkatan cairan, fungsi getah bening yang buruk, atau tubuh Anda yang mencoba membuat pembuluh darah baru untuk tumor payudara Anda.

8. Punggung terasa sakit dan pegal. Jika Anda merasa demikian meskipun Anda sudah melakukan peregangan, perawatan chiopractic atau beristirahat, Anda perlu waspada. Kanker payudara dapat menyebabkan punggung terasa pegal dan sakit karena tumor tumbuh dan menekan saraf dan ligamen, atau ketika kanker bermetastasis menjadi kanker tulang.

 

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait