Tips Beli iPhone Secara Online Agar Tidak Zonk

Redaksi | 6 September 2021 | 06:16 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Citra mewah dan eksklusif yang melekat pada iPhone membuat banyak orang menyukai ponsel yang satu ini. Meski harganya di atas harga ponsel Android kelas flagship sekalipun, namun selalu ada banyak orang yang ingin memiliki ponsel ini. Bahkan model yang bukan  terbaru pun masih terus jadi incaran, seperti misalnya iPhone 11 Pro Max yang rilis pada Desember 2019 lalu.

Meski sudah berusia hampir 2 tahun, namun ponsel ini masih jadi incaran banyak orang. Padahal harga iPhone 11 Pro Max saat ini masih tergolong tinggi, yaitu mulai dari Rp 18 juta untuk versi 64 GB.

Namun bagi Anda pengguna Android yang ingin beralih ke iPhone, jangan sampai malah membeli produk bekas, apalagi rekondisi dan replika ya. Sebaiknya beli langsung iPhone baru di toko terpercaya karena yang asli dan baru tentu lebih berkualitas.

Agar tidak zonk apalagi tertipu dengan produk iPhone palsu, berikut ini ada tips beli iphone online yang perlu Anda ketahui.

1. Beli di toko terpercaya

Beli iPhone secara langsung di iBox tentu yang paling disarankan. Namun selama pandemi ini jadi lebih ribet ingin keluar rumah bisa diganti dengan beli iPhone online. Anda perlu jeli memilih toko online dalam marketplace yang menawarkan iPhone. Pilih toko yang punya review dan bintang baik, produk yang dijual punya deskripsi lengkap dan penjual responsif terhadap pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan.

2. Jangan ragu bertanya ke seller

Jika sudah menemukan toko di marketplace yang menjual iPhone, Anda tidak perlu sungkan untuk bertanya ini itu mengenai produk iPhone tersebut. Termasuk garansi produk, garansi pengiriman, apa saja yang ada di dalam paket penjualan dan sebagainya.

3. Pilih seri sesuai kebutuhan

Saat ini iPhone paling baru adalah iPhone 12 yang dirilis pada 2020 lalu. Rumornya iPhone 13 akan segera dirilis. Biasanya jika ada produk baru rilis, maka harga iPhone seri sebelumnya akan turun. Namun hal ini kembali lagi pada seri iPhone mana yang ingin Anda beli karena iPhone 7 yang dirilis pada 2016 pun masih menarik untuk dibeli. Pasalnya meski tergolong iPhone lawas, namun produk Apple biasanya akan terus mendapat update iOS dari Apple sehingga meski dirilis bertahun lalu, namun softwarenya selalu update.

4. Perhatikan kode negara untuk garansi

Untuk garansi, iPhone tidak menyediakan garansi secara universal melainkan garansi regional. Ini artinya adalah garansi iPhone yang Anda beli hanya bisa diklaim di negara di mana iPhone tersebut dijual.

Hati-hati untuk tidak membeli iPhone selain garansi resmi untuk Indonesia agar tidak ribet jika tiba-tiba ada kerusakan yang butuh perbaikan atau penggantian. Untuk mengetahui dari mana iPhone tersebut berasal, bisa dilihat dari bagian belakang boksnya; tepatnya di kiri bawah. Khusus untuk Indonesia kodenya adalah PA/A.

Jadi saat akan membeli iPhone online jangan ragu tanyakan garansi iPhone tersebut apakah resmi Indonesia atau negara lain. Perlu diingat jika di Indonesia saat ini ada aturan IMEI yang mengharuskan semua perangkat IMEI-nya terdaftar, jadi jangan coba-coba beli produk iPhone maupun ponsel lain yang tidak resmi ya.

5. Pilih marketplace terpercaya

Beli iPhone online sebaiknya di marketplace terpercaya seperti Blibli yang bisa jadi penengah dan penjamin transaksi karena Anda bisa mengajukan refund atau mengadukan ke customer service jika iPhone yang diterima tidak asli, kondisi rusak atau ada kelengkapan produk yang kurang. Dengan begitu dana pembelian Anda akan ditahan dan tidak dilepaskan ke penjual sebelum masalah penjualan dengan Anda clear.

Jika terbukti misalnya palsu atau rekondisi, sedangkan yang dibuat di toko adalah ‘asli’ maka Anda bisa mengajukan refund dan uang pun akan aman. Intinya, hindari belanja di marketplace yang tidak memiliki mekanisme jelas dalam menghadapi seller nakal dan punya reputasi baik dalam hal jual beli online. Dengan begini resiko Anda tertipu jika belanja online pun bisa diminimalisir. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait